Keindahan Wisata Alam Gunung Pringgitan di Ponorogo

0 195

Gunung Pringgitan

Gunung Pringgitan adalah salah satu potensi alam berupa gunung di Ponorogo  dengan ketinggian 800 mdpl ( meter diatas permukaan laut ) yang terletak di Desa Caluk, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo. Lokasi gunung pringgitan ini 27 km ke selatan dari pusat kota Ponorogo, tepatnya dari pasar Slahung ke selatan, ada pertigaan belok kanan, 2 km sebelum Pacitan.

Di sekitar gunung Pringgitan terdapat area yang luas dan rindang di bawah pohon pinus yang biasanya digunakan para siswa pramuka, pecinta alam, dan pendaki untuk berkemah. Pada saat bulan purnama, banyak orang yang mendaki sampai puncak gunung untuk menikmati keindahan taburan bintang dan cahaya bulan purnama dari atas gunung ini. Semakin menyenangkan lagi karena dari puncak ini para pendaki bias melihat pemandangkan wilayah ponorogo dengan udara yang segar dan lingkungan yang masih asri.

Keindahan Gunung Pringgitan

Lokasi gunung yang berada di pedesaan dengan kawasan yang masih asri, seharusnya kawasan gunung ini bisa digali potensinya untuk dijadikan salah satu kawasan wisata alam Ponorogo. Dengan memanfaatkan sumber daya alam di sekitar kawasan ini serta memperbaiki kawasan ini agar memenuhi syarat-syarat dan kelayakan ODTWA (Objek dan Daya Tarik Wisata Alam) pastinya kawasan Gunungr Pringgitan ini dapat menjadi tempat referensi wisata bagi para wisatan dari Ponorogo maupun luar Ponorogo serta bagi mereka pencinta alam dan para pendaki gunung.

Rute Menuju Gunung Pringgitan

Untuk menuju lokasi, anda bisa memulai perjalanan dari pusat kota menuju jalur kearah kota Pacitan. Ketika sudah sampai pada pasar Slahung, anda bisa mengambil jalur kekanan, jika terlihat jembatan masih terus keselatan. Lihat sisi kanan jika ada lokasi pemakaman umum anda bisa belok kekanan sampai menemukan jalanan yang menanjak terus belok kanan dan jalan sampai menemukan sebuah masjid yang ada plangnya. Pada masjid inilah kita bisa menitipkan kendaraan kita. Selain ini ada rute yang lebih mudah yaitu dengan menuju ke balai desa Caluk terlebih dahulu dan menitipkan kendaraan pada lokasi tersebut. Selanjutnya ditempuh dengan berjalan kaki ke dusun Joso untuk memulai pendakian degan jarak tempuh sekitar 45 sampai 60 menit.

Source http://istikomahisti.blogspot.co.id http://istikomahisti.blogspot.co.id/2014/06/pesona-gunung-pringgitan-slahung.html
Comments
Loading...