Keindahan Wisata Alam Gunung Cakrabuana Majalengka

0 322

Gunung Cakrabuana

Gunung Cakrabuana merupakan salah satu destinasi wisata Gunung yang berada di Jawa Barat yang yang memiliki ketinggian 1721 mdpl. Gunung Cakrabuana ini terletak di 5 kota dan Kabupaten di Jawa Barat, yaitu Sumedang, Majalengka, Garut, Ciamis, dan Tasikmalaya. Untuk fasilitas secara resmi masih belum tersedia di kawasan Gunung Cakrabuana.

Namun jika anda membutuhkan angkutan atau rumah untuk menginap anda bisa menyewanya dari warga sekitar di kaki Gunung Cakrabuana. Ada warung dan toko di sekitar rumah warga setempat yang menyediakan kebutuhan makanan dan minuman. Namun belum tersedia toko peralatan pendakian atau barang yang mendukung untuk aktifitas hiking. Sebelum melakukan perjalanan wisata atau pendakian ke gunung ini anda sebaiknya mempersiapkan perbekalan dan peralatan yang akan anda butuhkan selama masa pendakian di rumah atau di kota besar yang bisa menyuplai kebutuhan anda.

Agar anda bisa nyaman melakukan perjalanan liburan di Gunung Cakrabuana. Untuk mencapai Desa Lemahputih di Kecamatan Lemahsugih ini dapat melalui Kecamatan Talaga kearah selatan melewati Kecamatan Bantarujeg kemudian sampailah di Kecamatan Lemahsugih. Begitu kita sampai pada daerah Pasir Hanja langsung ambil arah belok kiri menuju zona Argowisata/Taman Dinasourus atau blog Marga. dari tempat ini kita tinggal mengikuti jalan aspal sempit sampai bertemu dengan pasar Lemahputih.

 Dari pasir lemah putih ini perjalanan belum ada separonya, Jadi untuk mencapai puncak gunung Cakrabuana kita masih harus melanjutkan perjalanan menuju Dusun Cakrawati-III. Dari tempat inilah pendakian akan kita mulai. Jarak dari Pasar telaga menuju Cakrawati 111 ini melalui jalan sempit berkelok yang berjarak sekitar 25 km. Setelah rehat sebentar. mumpung matahari belum condong kebarat kita mesti bergegas melanjutkan perjalanan menuju Cigorowong. Setelah menemukan batu tumpukan kalau mau cepat kita harus potong kompas belok kanan menuju kawasan hutan lindung.

 Setelah menaiki bukit dan menuruni lembah akan ketemu sungai kecil, dan kita harus menyeberangi sungai tanpa jembatan tersebut kemudian lansung jalan menanjak lurus hingga ketemu semacam bedeng atau pondok buat para pekerja proyek penanaman rotan. Nah setelah dari tempat ini untuk menuju puncak, harus benar benar menyiapkan stamina prima. Karena harus melalui jalan tanjakan yang dipenuhi pupuk humes dari daun yang berguguran setebal 10 sampai 30 cm .

Source Jalan Wisata tipswisata
Comments
Loading...