Keindahan Wisata Alam Gua Suci di Tuban

0 206

Gua Suci

Gua Suci merupakan salah satu wisata sejarah yang berada di Tuban, tepatnya di Dusun Suci, Desa Wagun, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Alasan lokasilah yang membuat gua ini dinamakan Gua Suci. Gua yang berstruktur batuan kapur ini bukanlah gua alam, melainkan buatan manusia pada masa Kerajaan Majapahit. Hal itu diperkuat dengan pahatan angka tahun di salah satu dinding gua menggunakan angka Jawa kuno yang menyebut tahun 1026.

Keindahan Gua Suci

Keistimewaan yang ada di Gua Suci adalah terdapat warna dinding gua, pahatan-pahatan kuno, serta Ray of Light dari celah atap dan mulut gua yang sangat indah. Gua ini memiliki kedalaman sekitar 14 meter, dengan atap kerucut dan berlubang dengan dinding gua yang berundak-undak. Halaman sekitar gua juga cukup luas dan menarik untuk diabadikan dalam foto dan di-posting di instagram. Tak hanya bagian luarnya saja yang indah, tapi di bagian dalam gua juga tak boleh ketinggalan.

Daya Tarik Gua Suci

Goa Suci diakatakan ditemukan sejak tahun 70an. Goa ini memiliki kedalaman sekitar 14 meter . dengan atap kerucut dan berlubang dengan dinding goa yang berundak-undak menambah kecantikan goa tersebut. Halaman sekitar goa juga cukup luas dan menarik buat anda berfoto-foto. Lebih indah lagi bila anda masuk didalam goa tersebut. Didalam goa juga memiliki halaman cukup luas untuk berfoto sendiri maupun bersama teman-teman waktu berkunjung. Keunikan goa terseut terletak pada pahatan-pahatan yang berundak-undak disekeliling dinding goa, selain itu jeunikan lain yaitu pancaran sinar matahari dari lubang goa yang dinamai goa suci tersebut.

Akses Menuju Gua Suci

Untuk menuju lokasi Apabila anda dari pusat kota Tuban langsung saja ke arah timur menuju kecamatan Palang, jaraknya sekitar 12 km. Selanjutnya sampai timur pasar Ngaglik kecamatan Palang, sebelum tugu perbatasan antar kabupaten Tuban-Lamongan belok kanan anda akan melewati jalan kampung yang menghubungkan kecamatan Palang dengan kecamatan Widang. Jarak antara pasar dengan desa Wangun, yang merupakan lokasi GOA Suci sekitar kurang lebih 15 menit dengan kendaraan bermotor. Selanjutnya anda akan menemui papan petunjuk menuju lokasi goa suci, ikuti saja arah penunjuk tersebut.

Source http://blog.reservasi.com http://blog.reservasi.com/gua-suci-palang/
Comments
Loading...