Keindahan Wisata Alam Goa Umbul Tuk di Blitar

Keindahan Wisata Alam Goa Umbul Tuk di Blitar2
0 176

Goa Umbul Tuk

Goa Umbul Tuk merupakan salah satu wisata alam yang  terletak di Desa Tumpak Kepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Goa yang terletak di kawasan hutan jati ini merupakan goa alam dengan pesona stalagtit dan stalagmit yang sangat indah. Akses jalan menuju Goa Umbul Tuk dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda 4 dengan kondisi jalan beraspal yang cukup baik. Tempat parkir di sekitar goa ini juga cukup luas.

Akses Menuju Goa Umbul Tuk

Bagi para pengunjung yang ingin berbasah-basahan memasuki Goa Umbul Tuk ini, telah disediakan 2 kamar ganti di dekat tempat wisata. Namun, kamar ganti yang ada telah rusak dan tidak layak untuk digunakan. Kondisinya sudah sangat tua dan kotor.

Fasilitas di Goa Umbul Tuk

Untuk menyusuri goa sepanjang 1,5 km ini, sebenarnya pengunjung harus didampingi oleh pemandu wisata. Namun, ketika kami melakukan observasi di Goa Umbul Tuk ini, kami tidak menemukan adanya pemandu wisata di sana. Kami malah disambut dengan seorang warga desa yang sedang mencuci pakaiannya di bibir Goa Umbul Tuk.

Meskipun pada saat itu sepi pengunjung, tentu hal ini sangat mengganggu pemandangan awal untuk masuk ke goa ini, selain itu kegiatan yang dilakukan warga desa tersebut dapat mencemari air goa. Bagi para pengunjung yang ingin sekedar menikmati pemandangan di sekitar Goa Umbul Tuk, telah disediakan gazebo untuk bersantai. Fasilitas ini masih layak untuk digunakan walaupun sudah cukup usang.

Bibir Goa Umbul Tuk

Sebenarnya Goa Umbul Tuk memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan, asalkan fasilitas yang sudah cukup lengkap di dalamnya dapat diperbaiki lagi. Serta kebersihan goa juga dijaga baik oleh para pengunjung maupun warga desa sekitar.

Selain itu, sudah seharusnya disediakan pemandu wisata untuk menemani para pengunjung menyusuri goa. Bukan hanya untuk kemanan para pengunjung saja, pemandu wisata juga dapat memberikan informasi seputar Goa Umbul Tuk kepada para pengunjung. Kemudian, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dapat ditambah dengan adanya warung makanan di kawasan tempat wisata.

Source http://smpn1srengat-kabblitar.blogspot.co.id http://smpn1srengat-kabblitar.blogspot.co.id/2015/08/gua-umbul-tuk-yang-mulai-terlupakan.html
Comments
Loading...