Keindahan Wisata Alam di Pantai Pasir Putih Situbondo

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
0 127

Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih ini merupakan salah satu wisata pantai yang terletak di Dusun Kembangsambi, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Sesuai dengan namanya pantai ini mempunyai hamparan pasir berwarna putih. Topografi pantainya terbilang unik, yakni bentuk pantainya yang melengkung menghadap ke laut. Pantai Pasir Putih berlatar pemandangan hutan nan hijau, terasa sejuk di mata.

Pantai ini cukup populer dan selalu ramai dikunjungi wisatawan, apalagi jika musim liburan datang. Letaknya sangat stategis, berada di jalur utama Surabaya-Banyuwangi, sehingga mudah dijangkau. Di pantai ini Anda bisa berenang, menyelam, memancing hingga berlayar dengan perahu nelayan setempat. Bahkan, Anda bisa menyewa perahu yang dilengkapi dengan kotak kaca untuk menyaksikan pemandangan bawah laut. Jadi tak perlu snorkeling maupun diving.

Kawasan Pantai Pasir Putih memang sering menyelenggarakan berbagai macam lomba. Mulai dari lomba memancing, selancar, hingga lomba perahu tradisional yang diikuti oleh para nelayan. Selain itu, pada bulan Oktober setiap tahunnya, para nelayan biasanya mengadakan upacara petik laut. Yaitu upacara melarungkan sedekah laut yang berupa berbagai macam makanan serta kepala lembu.

Fasilitas Pantai Pasir Putih

Pantai ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas seperti mushola, tempat istirahat untuk para pengunjung, toilet, warung makan hingga toko souvenir. Tersedia pula jasa penyewaan ban pelampung bagi pengunjung yang dapat digunakan untuk bermain air di laut. Beberapa penginapan yang berupa losmen maupun hotel juga banyak tersedia di kawasan ini. Selain itu tersedia pula area camping bagi pengunjung yang ingin mendirikan tenda. Tiket masuk ke kawasan pantai ini sekitar Rp 6.000 per orang.

Akses Menuju Pantai Pasir Putih

Karena berada di pinggir jalan utama, maka akses menuju pantai ini terbilang mudah. Pantai Pasir Putih berjarak sekitar 174 km dari Surabaya. Bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Bila menggunakan kendaraan pribadi, rutenya adalah dari kota Surabaya masuk ke Tol tujuan Malang dan keluar melalui pintu Tol Raya Porong.

Selanjutnya ikuti terus arah yang menuju ke Gempol-Pasuruan-Probolinggo-Paiton-Pantai Pasir Putih Situbondo. Waktu tempuhnya sekitar tiga hingga empat jam perjalanan. Bila menggunakan bus waktu tempuhnya sekitar empat jam perjalanan. Rutenya dari Terminal Bungurasih pilihlah bus dengan jurusan Surabaya-Situbondo. Waktu tempuhnya sekitar empat jam perjalanan.

Source https://utiket.com https://utiket.com/id/obyek-wisata/surabaya/459-pantai_pasir_putih_situbondo.html
Comments
Loading...