Warning: unlink(/tmp/474ab38d254b7f2a73cd44ccb6f22411-SadJ2i.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Keindahan Wisata Alam Curug Sang Hyang Taraje Garut

0 136

Curug Sang Hyang Taraje

Curug Sang Hyang Taraje merupakan salah satu wisata air terjun yang tersembunyi dibalik bukit-bukit. Air terjun ini terletak di Kampung Kombongan, Desa Pankenjeng, Kecamatan Pamulihan, Garut, Jawa Barat. Curug yang berarti air terjun dalam bahasa indonesia, Sanghyang adalah ucapan kata penghormatan kepada seseorang yang memiliki kekuatan supranatural seperti orang suci dan raja pada zaman dulu, dan Taraje adalah tangga dalam bahasa indonesia. Air Tejun ini memiliki ketinggian hampir 100 Meter dengan 2 jalur jatuhan Airnya hingga membentuk seakan seperti Tangga Raksasa.

Ketinggian Curug Sang Hyang Taraje

Curug ini tingginya sekitar 100 meter. Di balik ketinggian air terjun yang berkabut ini, tersimpan kisah-kisah misterius. Konon, curug ini merupakan tangga yang digunakan oleh dewa-dewa menuju kayangan. Selain itu, curug ini juga digunakan oleh Sangkuriang saat mengambil bintang untuk Dayang Sumbi. Legenda setempat juga menyebutkan bahwa di dekat curug ada batu berbentuk tapak yang dipercaya sebagai tapak Sangkuriang. Karena legenda itu, curug ini diberi nama Curug Sang Hyang Taraje. Jika dilihat dari jauh, curug ini memang terlihat seperti taraje – tangga yang terbuat dari batang ambu.

Di depan Curug, Travelmate mungkin baru bakal menyadari betapa tingginya Curug Sanghyang Taraje ini. Titik-titik air yang menyambut Travelmate itu yang bakal memberitahu. Tidak seperti curug lainnya di Garut, di Curug Sanghyang Taraje, Travelmate bakal kesulitan untuk mendekati air terjun karena derasnya air yang menghantam dasar curug; langsung menghadang siapa saja dengan angin yang bercampur titik-titik air. Titik-titik air itu jika terkena cahaya matahari akan membentuk pelangi yang indah. Pelangi yang hanya berjarak beberapa meter dari mata yang melihatnya.

Rute Menuju Curug Sang Hyang Taraje

Objek wisata ini letaknya 47 kilometer dari Kota Garut. Untuk mencapainya, kita bisa mengambil jalan ke arah Cikajang. Lalu, ambil jalur kanan di pertigaan sebelum Kota Cikajang. Di jalur ini, kita akan melewati objek wisata Curug Orok dan bertemu dengan pertigaan yang ada di Desa Cisandaan. Dari pertigaan itu, kita ambil arah kanan,  Nantinya, kita akan menemukan Desa Pakenjeng. Nah lokasi Curug Sang Hyang Taraje tak jauh dari desa itu, keadaan jalan dari Garut hingga Desa Cisandaan cukup bagus. Akan tetapi, dari Desa Cisandaan hingga lokasi jalannya cukup jelek. Tetapi, perjalanan melewati jalanan jelek itu akan terbayar setelah kamu melihat keindahan Curug Sang Hyang Taraje secara langsung.

Source Jalan Wisata bobo
Comments
Loading...