Keindahan Wisata Alam Curug Panyusuhan Brebes Jawa Tengah

0 208

Curug Panyusuhan

Curug Panyusuhan merupakan salah satu wisata alam yang terletak di Desa Tembongraja Kecamatan Salem Kabupaten Brebes, Jawa Tengah tidak jauh dari Bukit Panenjoan , bagi kalian yang menyukai ketenangan tempat ini cocok sekali untuk kalian datangi, untuk sekarang masih free alias gratiss, dan sekarang sedang di kelola untuk di jadikan tempat wisata. Tempatnya berada di pegunungan, mengalir dari hulu sungai cigunung, curugnya dengan ketinggian sekitar 50 meter dengan tiga tingkatan dan meliuk liuk indah seperti ular, airnya yang diapit oleh dua batuan basalt, menambah kesan alami tempatnya, airnya yang dingin dan bersih, menandakan terjaganya ekositem di tempat itu.

Aksesbilitas Curug Panyusuhan

Untuk akses lokasi, dari arah Bumiayu, setibanya di pasar Salem ambil arah kanan, menuju Desa Tembongraja, setelah berkendara sekitar 30 menit tiba di Desa Tembongraja, ambil arah kanan lagi menuju lokasi curug, sepanjang perjalanan kalian akan menjumpai plang-plang / penunjuk jalan menuju wisata Ranto Canyon, karena lokasi menuju curug searah dengan ranto canyon, lanjut berkendara lagi sekitar 20 menit dari pertigaan tadi, sebelum Bukit panenjoan ambil arah kiri, akan ada jalan setapak selebar satu meter, dari sini perjalanan di lanjut jalan kaki, Setelah berjalan kaki sekitar 20 menit, Curug Panyusuhan sudah terlihat, setibanya di aliran sungai Cigunung kalian menjumpai sebuah jembatan dari bambu yang melintasi aliran sungai Cigunung, jalan lagi 5 menit sampailah kalian di lokai Curug.

Fasilitas Curug Panyusuhan

Untuk parkir kendaraan kalian bisa menempatkannya di belakang mushola, bisa juga menitipkannya di rumah rumah penduduk, orangnya ramah-ramah.Satu lagi, untuk masuk ke curugnya sendiri kalian tidak dikenakan biaya alias gratis, karena belum ada yang mengelolanya.
Untuk menuju air terjun kalian harus menyebrangi sungai dan menuju sawah, jalan kaki sekitar 15 menit kalian akan menjumpai sebuah bendungan, dari bendungan tinggal ikuti arah ke hulu sungai. Setelah menyusuri sungai sekitar 25 menit kalian akan sampai di lokasi air terjun. Air terjun dengan ketinggian sekitar 10 meter dengan kedalaman satu meter, tampak indah dengan tanaman yang menghiasi di sepanjang sisinya, disarankan kalau mau kesini waktu debit airnya sedang besar, seperti bulan ini.
Source Jalan Wisata bantar kawung punya cerita
Comments
Loading...