Keindahan Wisata Alam Caringin Tilu di Bandung Jawa Barat

0 38

Caringin Tilu

Caringin Tilu merupakan salah satu wisata alam yang berada di Kampung Cisayur, Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Cartil Bandung sejak lama sudah dikenal merupakan tempat wisata alam di ketinggian kota Bandung. Kawasan ini menjadi favorit karena tidak terlalu jauh dari pusat kota. Hanya beberapa kilometer dari Jalan PHH Mustofa atau orang lebih mengenalnya sebagai kawasan Suci. Di kawasan Cartil Bandung semakin semarak karena banyak tempat yang menjajikan pemandangan indah. Terutama pemandangan Bandung di ketinggian. Banyak wisatawan yang menyempatkan ke sana untuk sekadar berfoto dengan latar belakang kota Bandung.

Fasilitas di Caringin Tilu

Sebetulnya sudah sejak lama Caringin Tilu menjadi obyek wisata yang banyak dikunjungi masyarakat sekitar untuk refreshing, santai, dan melepas penat. Seiring dengan pertumbuhan Kota Bandung yang makin pesat, obyek wisata alam pun kian berkurang. Maka Caringin Tilu atau Cartil pun menjadi idola baru wisata alam Bandung Timur yang menawarkan keindahan memikat dan lokasi menenangkan.

Sampai-sampai musisi asli Sunda yang bernama Darso pun mengabadikan eksotisme Cartil dan romantisnya tempat wisata itu ke dalam sebuah nada atau alunan musik sunda yang begitu indah. Dengan mengambil judul sama dengan nama tempatnya yaitu Caringin Tilu. Kalau penasaran dengan lagunya, bisa langsung meluncur ke Mbah Youtube. Caringin Tilu, kawasan yang dahulu sepi, kini makin ramai kunjungan wisatawan terutama keluarga dan kawula muda. Tempat ini jadi hidup, semakin gemerlap, dan mempesona, banyak warung-warung mulai berdiri, menambah semarak suasana. Menyaksikan indahnya Bandung dari ketinggian, datang saja ke Cartil.

Perjalanan ke Caringin Tilu

Cartil jaraknya tak terlalu jauh dari Jalan PHH Mustofa atau yang lebih terkenal dengan sebutan kawasan suci. Anda harus masuk ke Jalan Padasuka yang dekat dengan Terminal Cicaheum, dari situ lurus saja. Di awal perjalanan, anda tidak akan merasa apa-apa, tetapi sampai pertengahan jalan, anda akan merasakan jalan yang mulai naik dan menanjak sampai ke lokasi Cartil. Para pengendara dihimbau agar lebih berhati-hati karena jalan yang sempit dan hanya muat untuk 2 mobil saja. Bahkan di beberapa ruas, cuma cukup untuk 1 mobil. Ketika memasuki kawasan Caringin Tilu, anda akan disambut oleh warung-warung yang menjajakan aneka makanan, café dan restoran, Warung Daweung, termasuk wisata Puncak Bintang/Bukit Bintang.

Source Jalan Wisata tempatwisata
Comments
Loading...