Keindahan Wisata Alam Air Terjun Lawean di Tulungagung

0 177

Air Terjun Lawean

Air Terjun Lawean merupakan salah satu wisata alam Air Terjun Lawean ini disebut sebagai tirai alam. Air terjun yang terletak tak jauh dari gerbang Perkebunan Kawisari, Desa Semen, Gandusari ini memang memiliki aliran yang melebar dan jatuh menyerupai tirai. Pada dasarnya air terjun ini memang bukan air terjun tunggal, ada sekitar tiga aliran air terjun yang letaknya berdekatan. Saking dekatnya, percikan aliran yang satu dengan lainnya saling bertaut. Inilah yang membuat Lawean terkesan menyerupai tirai.

Air Terjun Lawean terletak tak jauh dari Kawasan Agro Wisata Sirah Kencong, sehingga secara umum memiliki rute yang sama. Jika mengikuti rute Sirah Kencong via Kawedanan Wlingi, air terjun ini dapat dituju dengan berpatokan pada pertigan setelah pabrik susu. Jika Sirah Kencong ke kanan, maka air terjun ini ke kiri.

Air terjun Lawean, terletak di Dusun Turi, Desa Geger, Kecamatan Sendang, 25Km arah barat daya kota Tulungagung. Dengan ketinggian 1200 M dari permukaan laut, air terjun ini merupakan bagian dari lereng gunung Wilis. Untuk menuju lokasi air terjun, pengunjung harus menempuhnya dengan berjalan kaki sekitar 3 Km.

Dengan 9 kali menyeberangi sungai, dan melewati hijaunya perbukitan di sela-sela perjalanan, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan keindahan yang ditawarkan oleh air terjun ini. Tidak jauh dari air terjun Lawean, terdapat juga air terjun lain yang tidak begitu tinggi tapi juga tak kalah mempesona untuk dikunjungi, yaitu Air Terjun Panda Wangi. Di lokasi yang lain lagi, yang juga tidak jauh, terdapat Candi Penampehan. Semua lokasi di sekitar air terjun sangat layak untuk dikunjungi.

Source https://travellersblitar.com https://travellersblitar.com/air-terjun-lawean-blitar/
Comments
Loading...