Keindahan Taman Pecangakan di Jembrana

0 126

Taman Pecangakan

Taman Pecangakan merupakan taman kota yang berada di sekitar area perkantoran. Taman kota Pecangakan tepatnya berada di Jalan Jenderal Sudirman, Negara, Jembrana, Bali. Di tengah-tengah taman ada air mancur. Di tengah-tengah air mancur berdiri kokoh patung Dewa Ruci yang merupakan penjelmaan dari Bima, tokoh wayang yang berhasil mendapatkan air tirta suci dalam kisah Mahabharata. Dalam usaha mendapatkan tirta suci tersebut, Bima bertemu dengan sosok Dewa Ruci yang merupakan sosok dirinya sendiri dalam wujud lebih kecil. Selain patung Dewa Ruci, di Taman Pecangakan terdapat juga patung Drupadi, Kresna, Sengkuni, Arjuna, Srikandi, dan lain-lain. Tak jauh dari patung-patung tersebut juga ada prasasti peninggalan Jepang.

 

Sejarah Taman Pecangakan

Taman Pecangakan adalah taman peninggalan Jepang dengan luas 2 hektar. Taman ini diubah menjadi sebuah taman kota oleh pemerintahan Bali pada tahun 1990-an. Sejak selesai dibangun dan diketahui warga, Taman Pecangakan pun akhirnya menjadi salah satu area alternatif untuk wisata liburan berasma keluarga oleh orang-orang Bali dan sekitarnya. Taman Pecangakan juga terkenal sebagai salah satu taman terindah se Indonesia. Dengan suasana yang santai dan kolam air mancur serta patung-patung yang menjadi hiasan, Taman Pecangakan tidak memiliki kesamaan di daerah-daerah lainnya.

Akses Menuju Taman Pecangakan

Untuk mengakses Taman Pecangakan, Anda hanya perlu mencari derah jalan Jenderal Sudirman setelah tiba di Bali. Lokasinya dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 110 menit dari Denpasar, Bali. Anda juga bisa melalui jalan Gilimanuk Denpasar, sebab lokasinya berada dalam satu jalur tersebut. Taman Pecangakan ini akan mudah Anda kenali dari jalan raya karena patung Dewa Rucinya dapat Anda lihat dengan jelas di tengah-tengah air mancur.

Ketika Anda berada di area Taman Pecangakan, Anda dapat merasakan udara yang sejuk dan kenyamanan suasana yang terbangun dari rindangnya pepohonan di taman tersebut. Pohon-pohon yang tumbuh tertata rapi itu terdiri dari beberapa jenis pohon, seperti kelapa sawit, kamboja, cemara, dan lain-lain. Berbagai aktivitas bisa Anda lakukan bersama keluaga Anda seperti duduk santai, main bola, jalan-jalan, baca buku, foto, dan lain sebagainya. Silahkan Anda tentukan sendiri.

Source http://panduanwisata.id http://panduanwisata.id/2015/02/11/melihat-patung-bima-dan-dewa-ruci-di-taman-pecangakan-bali/
Comments
Loading...