Keindahan Talago Batu di Aceh Selatan

0 113

Talago Batu

Tempat ini memang baru dikenal dan belum banyak orang yang mengetahuinya. Letaknya berada di Menggamat, Kecamatan Kluet Tengah Aceh Selatan. Aku pernah kemari bersama para perempuan peduli leuser dalam ekspedisi jelajah Aceh Selatan. Cara mencapai ke lokasi ini dapat ditempuh melalui perjalanan dari kota Tapaktuan (Ibukota Aceh Selatan) ke Kota Fajar, Kecamatan Kluet Utara dengan waktu tempuh 45 menit menggunkan transportasi umum. Untuk biaya trasnportasinya hanya dikenakan Rp20.000 per orangnya.
Setelah sampai ke Kota Fajar, kita harus melanjutkan perjalanan lagi dengan menumpang mobil pick up selama 30 menit dengan biaya Rp20.000. Ada baiknya menyewa mobil pick up langsung dari Kota Fajar untuk keperluan jalan-jalan di Menggamat. Kami menyewanya 400 ribu untuk dua hari perjalanan keliling Menggamat. Rute perjalanannya melewati Masjid Tuo yang berusia ratusan tahun dan juga bukit-bukit yang memanjakan mata dengan hamparan hijau pepohonan. Kita juga bisa menyaksikan sungai Lawe Melang yang begitu panjang berhulu dari Kabupaten Aceh Tenggara, Kutacane.
Sesampai ke Menggamat kita harus meyusuri jalan berbatu dan melewati sungai-sungai kecil untuk menuju ke Talago Batu dengan waktu 30 menit berjalan kaki. Dikarenakan tempatnya berada jauh dari pemukiman warga dan juga termasuk kawasan tambang, ada baiknya mengajak masyarakat setempat sebagai guide dalam perjalanan.  Belum ada standar bayaran untuk guide di sini, jadi waktu kami kemari dengan 10 anggota perempuan peduli leuser, kami membayar 100 ribu untuk tiga orang guide.
Tempat ini memang masih astri dan jauh dari keramaian. Di sepanjang perjalan hanya ada pohon-pohon besar dan aliran sungai yang sangat jernih dengan pesona air terjun. Kita juga bisa menyaksikan para penambang batu yang menggunakan peralatan manual seadanya untuk menambang batu. Ada tujuh tingkat air terjun yang harus kita lewati dan yang paling atas disebut dengan Talago Batu, karena memang pancuran air terjunnya berbentuk seperti telaga.
http://www.yellsaints.com/2018/01/4-keindahan-wisata-alam-aceh-selatan.html
Comments
Loading...