Keindahan Pura Luhur Lempuyang, Bali

0 47

Pura Luhur Lempuyang 

Pura Luhur Lempuyang merupakan salah satu obyek wisata di Bali, dan juga merupakan tempat suci bagi umat Hindu, pura berlokasi wilayah bagian Timur pulau dewata tepatnya di Kabupaten Karangasem. Dalam peta wisata Bali, pura Lempuyang Luhur menjadi tujuan mendaki yang cukup menarik bagi wisatawan, terutama mereka yang menginap di wilayah Bali Timur seperti Amed, Trtagangga dan Candidasa, karena lokainya berdekatan.

Dengan latar belakang panorama Gunung Agung yang memukau, disamping sebagai tempat suci, Pura Sad Kahyangan Lempuyang Luhur memiliki keunikan tersendiri seperti kemurnian alamnya, terutama kawasan hutan, tidak terjamah sehingga keindahan lembah, serta pesisir Bali Timur, terlihat menakjubkan. Pohon-pohon tropis tumbuh subur, cocok menjadi paru-paru Pulau Dewata.

Wisatawan yang gemar wisata trekking, melakukan perjalanan mendaki ke Pura Luhur Lempuyang akan memberikan sensasi dan pengalaman indah, unik serta menantang ada beberapa jalur pendakian menuju puncak, jika mau lebih gampang, sudah disediakan di jalur utama dengan tangga berundak, biasa juga digunakan oleh umat Hindu sebagai jalur persembahyangan. Susun agenda tour anda mengunjungi objek wisata kawasan Kabupaten Karangasem, anda juga sewa mobil di Bali , sehingga perjalanan bisa levih fleksibel

Awal perjalanan dimulai dengan kelokan disertai tanjakan, tempat yang pertama dapat dikunjungi adalah Pura Lempuyang Madya termasuk Pura Dang Kahyangan. Soal status yang kasungsung (dipuja) oleh umat Hindu di pura tersebut diyakinkan adalah Ida Batara Empu Agenijaya dan Empu Manik Geni.

Beliau, Empu Agenijaya bersaudara tujuh, diantaranya Mpu Kuturan, Mpu Baradah serta Mpu Semeru. Sementara palinggih yang ada diantaranya palinggih bebaturan linggih Batara Empu Agenijaya sareng Empu Manikgeni, Gedong Tumpang Siki (satu), dua dan tiga, Manjangan Saluang, Sanggar Agung, Bale Pawedaan, serta Bale Pesandekan.

Bagi wisatawan yang ingin melakukan perjalanan tour serta ikut wisata trekking, ingin melihat keindahan dari Puncak Gunung Lempuyang / Bukit Bisbis menuju Pura utama Sad Kahyangan Lempuyang Luhur di puncak harus menapaki lebih dari 1.700 (seribu tujuh ratus) anak tangga, pada saat menapaki jalan ke puncak inilah  disuguhi suasana menyegarkan.

Udara sejuk dari hutan masih alami, suara-suara satwa dan pemandangan alam Kabupaten Karangasemmemang memukau,dan lebih unik. Perlu usaha extra untuk menuju puncak, rimbuhan belukar bertebaran diantara pohon-pohon tropis, kicauan burung di alam bebas, dan kera-kera liar tampak bergelantungan,  suguhan tersebut menjadi hiburan saat perjalanan.

Source http://www.balitoursclub.com http://www.balitoursclub.com/berita_60_Lempuyang.html
Comments
Loading...