Keindahan Punthuk Gupakan Magelang Jawa Tengah

0 213

Punthuk Gupakan

Punthuk Gupakan merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Dusun Kamal, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Letak Punthuk Gupakan tak jauh dari Punthuk Sukmojoyo dan Punthuk Mongkrong yang sama-sama terletak di Desa Giritengah. Arti kata Punthuk itu sendiri adalah tanah yang ‘mawur’, tidak padat dan tidak pula mudah terurai seperti halnya pasir. Dimana di sekelilingnya gundul, alias tidak ditumbuhi oleh rumput atau pohon. Begitu pula di Punthuk Gupakan yang gersang dan hanya ditumbuhi oleh tanaman seadanya.

Keindahan Punthuk Gupakan

Selain untuk melihat pemandangan alam Kabupaten Magelang yang mempesona, Punthuk Gupakan juga sering digunakan untuk melihat pemandangan matahari terbit. Selain itu, Punthuk Gupakan juga menjadi tempat yang tepat untuk mengambil gambar mengingat letaknya yang sangat strategis di hiasi background dalam yang indah.

Fasilitas Punthuk Gupakan

Puncak Punthuk di sediakan dua rumah pohon dari bambu yang dapat digunakan untuk berfoto maupun untuk menantikan matahari terbit. Selain itu ada juga bangku dari bambu serta semacam balkon di tepi puncak yang menjorok ke jurang dan terbuat dari bambu juga. Untuk kamar kecil, mushala, dan warung terdapat di bawah puncak punthuk, tepatnya terletak tak jauh dari tempat parkir.

Akses Punthuk Gupakan

Akses untuk menuju ke Punthuk Gupakan dapat di tempuh dengan mengambil jalur sebelah selatan dari Candi Borobudur yaitu dengan menyusuri Jalan Badrawati, lurus terus menyusuri jalan yang menuju ke Amanjiwo Hotel sampai menemukan perempatan Seganan (Desa Tuksongo) lalu belok ke kanan. Kemudian lurus sampai menemui.

Balai Desa Karanganyar, lalu ada perempatan kemudian belok kiri lurus sampai menemui Balai Desa Giritengah, bila belok kanan akan menuju ke Punthuk Sukmojoyo, maka untuk mencapai Punthuk Gupakan tinggal lurus saja. Ikuti terus jalan tersebut sampai menemui pos parkir Wisata Alam Punthuk Gupakan. Setelah memarkir, perjalanan segera dilanjutkan dengan pendakian menuju puncak Punthuk.