Keindahan Pulau Ternate, di Kota Alor

0 16

Pulau Ternate

Pulau Ternate ini merupakan salah satu destinasi wisata alam sebagian pulau kecilnya Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Perjalanan menuju pulau tersebut harus menyebrang menggunakan perahu motor. Jarak pulau Ternate dari kota Kalabahi tidaklah jauh. Dari kota menuju tempat penyebrangan cukup menggunakan otho jurusan kokar yang berwarna biru selama sekitar 45 menit, dan untuk menyebrangnya waktu tempuh sekitar 20 menit.

Pulau Ternate ini memiliki empat kampung, yaitu kampung Umapura, kampung Bogakele, kampung Biatabang, dan kampung Abangbul. Di pulau ini terdapat dua bahasa yang berbeda. Di sini juga hanya terdapat dua sumur yang digunakan untuk empat kampung tersebut. Untuk menuju ke sumur, masyarakat ada yang harus menempuh perjalanan yang cukup jauh dan harus jalan kaki. Mereka membawa air menggunakan jligen yang berbagai macam ukuran, mulai dari 5 liter sampai 20 liter atau bahkan mereka membawanya menggunakan ember.

Sebagian besar masyarakat di sana bermatapencaharian sebagai nelayan. Laut di pulau Ternate ini sangatlah masih dalam kondisi bersih, air yang jernih juga masih banyak terdapat ikan. Sedangkan untuk mama-mama di sana hampir semua membuat kerajinan tenun ikat. Tenun ikat ini memiliki berbagai macam motif, mulai motif gajah, ikan, cumi-cumi, teripang, kupu-kupu, kura-kura dan bahkan hewan laut lainnya.

Source https://rhenndut.wordpress.com https://rhenndut.wordpress.com/2015/08/31/pulau-ternate-alor-ntt/
Comments
Loading...