Keindahan Pulau Tanjung Keluang di Kotawaringin Barat

0 119

Tanjung Keluang

Tanjung Keluang merupakan sebuah semenanjung yang terletak di ujung Pantai Kubu. Tanjung Keluang terbentuk dari hamparan pasir putih bersih dengan laut tenang, sangat cocok untuk berenang dan berjemur sambil menikmati pesona pantai yang khas. Pantai ini langsung menghadap ke Laut Jawa yang membuat pemandangan semakin indah.

Lokasi Pulau Tanjung Keluang

Tanjung Keluang terletak di Desa Kubu, Kumai, Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah. Tanjung Keluang dapat dicapai dengan perahu penyebrangan (klotok wisata) dalam waktu 30 menit dari Pantai Kubu. Sementara Kubu pantai itu sendiri dapat dicapai dalam waktu kurang dari 40 menit dari kota Pangkalan Bun.

Fasilitas dan Akomodasi di Tanjung Keluang

Panorama indah dari tanjung keluang semakin cantik karena banyaknya flora dan fauna khas Kalimantan. Flora yang terdapat di daerah ini seperti pinus dan mangrove. Untuk fauna seperti musang air dan burung elang. Selain itu, Tanjung Keluang juga terdapat tempat rehabilitasi penyu sisik langka dan kura-kura hijau.

Karena banyaknya penyu sisik yang berada di sekitar Tanjung Keluang oleh sebab itu dibuatlah sebuah tempat penangkaran. Namun sifat dari kura-kura yang sensitif memerlukan penanganan yang khusus. Karena itu pada petugas taman masih terkendala dalam mengurus kura-kura. Obyek wisata Tanjung Keluang juga sepenuhnya menjadi milik Pemerintah Kabupaten Kotawaringin barat dan saat ini menanti investor untuk pengembangan selanjutnya.

Aktifitas Wisata di Tanjung Keluang

Pantai ini jauh dari keramaian sehingga wisatawan yang mendambakan ketenangan dan keheningan alam dapat menjumpainya di tempat ini. Ditambah lagi anda dapat mendirikan tenda dan berkemah gratis di tempat ini. Sangat menyenangkan bukan? Oiya satu lagi, karena ditempat ini terdapat sebuah tempat penangkaran penyu sisik jadi pengunjung dapat melihat-melihat atau bahkan dapat berpartisipasi pada saat pelepasan penyu.

Source https://wisatanasional.net https://wisatanasional.net/keindahan-tanjung-keluang-pangkalan-bun/
Comments
Loading...