Keindahan Pulau Reusam Aceh Jaya

0 35

Pulau Reusam

Pulau Reusam ini merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki arti penting bagi masyarakat lokal Lhok Timon. Karena pulau ini selalu digunakan untuk menentukan sebuah keputusan hasil musyawarah para warga yang terkait dengan segala bentuk kepentingan adat Gampong Lhok Timon. Kisah dari sebuah penuturan salah satu tetua daerah yang bernama Tengku Muntasir, konon pada jaman dahulu jika ada warga sekitar Pulau Reusam sedang berhadapan dengan masalah, dan berencana untuk memecahkan masalahnya tresebut dengan hukum adat, maka mereka melakukan rapat di sebuah pulau yang sekarang bernama Pulau Reusam.

Pulau tersebut dahulu kala kerap dikunjungi warga sekitar pulau setiap akhir pekan untuk membicarakan berbagai pemasalahan yang ada saat itu. Karena hal ini menjadi sebuah tradisi bagi masyarakat lokal, pulau ini disebut dengan Pulau Reusam, atau pulau untuk melakukan rapat adat. Dan pulau ini termasuk dalam gugusan pulau di Teluk  Rigaih.

Konon, dahulu Pulau Reusam banyak terdapat tanaman pohon kelapa, namun sekarang ini pulai ini hanya tinggal sedikit tanaman pohon kelapanya. Dan memiliki pantai pasir putih yang menjadi daya tarik wisata di pulau ini. Tempat ini sering dijadikan sebuah penyelenggaraan tradisi masyarakat lokal untuk menyambut datangnya bulan puasa. Banyak dari masayrakat lokal datang ke tempat ini satu hari sebelum puasa Ramadhan untuk mengadakan sebuah kegiatan ritual untuk bersih diri dengan mandi di pantai sekitar pulau, sambil makan-makan bersama dan melakukan aktivitas rutin masyarakat dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

Wisata Pualau Reusam mudah diakses, karena posisinya berdekatan dengan daratan Aceh Jaya, dan pantainya memiliki kedalaman yang cukup untuk kapal bersandar. Melihat kehidupan tradisi masyarakat lokal Gampong Lhok Timon dari dekat di tempat wisata Pulau Reusam, akan menambah nuansa cakrawala pengetahuan kita ke dalam arti sebuah nikmat syukur hidup di alam kemerdekaan dengan beragam warna dan tradisi budaya yang di miliki oleh masyarakat Indonesia di setiap daerah.

Comments
Loading...