Keindahan Pulau Natuna Riau

0 40

Pulau Natuna 

Natuna merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini berada di sebelah utara Selat Karimata. pada bagian utara, Natuna berbatasan langsung denganVietnam dan Kamboja. Di bagian selatan, Natuna berbatasan dengan Sumatera Selatan dan Jambi. Timur Natuna adalah Malaysia Timur dan Kalimantan Barat. Sementara di bagian Barat pulau ini berbatasan dengan Singapura dan Malaysia.

Sejak zaman dulu, Natuna dikenal sebagai pulau kaya di Indonesia karena menghasilkan minyak dan gas terbesar di Kepulauan Riau. Tak hanya menyimpan hasil alam, pesona alam di Natuna tak kalah indah. Kita bisa menemukan beberapa tempat wisata yang menawarkan pesona pantai, karang, dan keindahan pulau.

Beberapa daerah wisata indah di Natuna antara lain: Pulau Senua, Pantai Pasir Marus, Pulau Janik, Pulau Setai, Pantai Lobang Kamak, Pantai Semitan dan Pantai Jantai.

Tak hanya pantai dan pulau yang indah, di Natuna terdapat batu granit yang berusia lebih dari 100 juta tahun. Keindahan alam Natuna bahkan mendorong Kementerian Luar Negeri dan Kementerian ESDM untuk mengajukan Kepulauan Natuna sebagai Geopark Kelas Dunia dan Geopark Kemaritiman kepada UNESCO.

Dengan menjadi bagian dari Geopark UNESCO, kelestarian objek pariwisata yang ada di sana terjaga dengan baik. Alasan lainnya pengajuan Natuna sebagai Geopark UNESCO adalah peran kepulauan tersebut dalam sejarah Indonesia.

Dalam bidang sejarah, Natuna juga menyumbang cerita jalur rempah nusantara. Karena Natuna sempat menjadi Bandar Laut Internasional di abad keemasan era Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit.

Source https://merahputih.com https://merahputih.com/post/read/keindahan-pulau-natuna-pikat-unesco
Comments
Loading...