Keindahan Pulau Kalong di Taman Nasional Komodo

0 25

Pulau Kalong

Pulau Kalong merupakan rumah bagi “Kalong” atau kelelawar. Itu berarti Anda bisa menyaksikan ribuan kelelawar di pulau ini. Makhluk unik ini bertahan di hutan bakau pada siang hari. Mereka mulai terbang di siang dan malam hari. Secara keseluruhan, ini adalah pemandangan yang bernilai bagi pengunjung. Luas Pulau Kalong cukup kecil. Sebagian besar lahan ditutupi oleh hutan mangrove yang merupakan rumah bagi banyak kelelawar.

 

Ukuran kalong atau kelelawar di sini cukup besar tapi tidak perlu khawatir, mereka tidak membahayakan manusia. Selain kelelawar, pulau ini memiliki daya tarik lainnya termasuk pantai. Gelombang di pantai ini sedikit kuat. Itu berarti Anda seharusnya tidak sembarangan bermain di air. Seperti disebutkan sebelumnya, bakau merupakan bagian utama dari Pulau Kalong. Karena alasan ini, agak sulit untuk berkeliling pulau.

Keindahan Pulau Kalong

Waktu terbaik untuk berkeliling Pulau Kalong adalah di malam hari. Banyak kelelawar mulai mencari makanan. Mereka meninggalkan sarang mereka dan terbang  berkelompok. Tak heran, langit akan ditutupi oleh makhluk-makhluk ini. Mereka cukup megah. Suasana berbeda ketika  menyaksikan kelelawar ini di pagi hari. Pada saat ini, mereka kembali ke sarang mereka. Anda bisa menyaksikan momen ini dari kapal Anda. Karena pulau ini ditutupi oleh hutan mangrove, Anda tidak bisa menjelajahinya dengan berjalan kaki. Belum lagi tidak ada dermaga.

Tidak ada yang tahu di mana kelelawar mencari makanan. Bahkan pemandu wisata pun tidak memiliki informasi yang jelas mengenai masalah ini. Biasanya Kelelawar akan meninggalkan sarangnya di malam hari dan kembali lagi keesokan harinya. Inilah saat terbaik untuk mengamati pergerakan mereka. Semua pengunjung bisa menikmati pemandangan unik ini. Pulau Kalong merupakan titik kunjungan sebelum mengunjungi Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Di sekitar pulau ini dimungkinkan untuk menikmati snorkeling.

Daya Tarik Pulau Kalong

Daya tarik lainnya adalah mangrove. Seperti disebutkan sebelumnya, Mangrove ini adalah rumah kelelawar. Karena alasan ini, penduduk setempat merawat mangrove dengan baik. Itu berarti tidak ada yang diperbolehkan memotong pohon. Apalagi dilarang menangkap ikan secara ilegal. Dengan peraturan ini, Pulau Kalong mempertahankan keindahan dan kelestarian alamnya. Inilah alasan mengapa wisatawan mancanegara sangat tertarik untuk mengunjungi Pulau Kalong selain atraksi lain di dekatnya.

Akses Menuju Pulau Kalong

Untuk mencapai Pulau Kalong, Anda harus mengunjungi Labuan Bajo terlebih dahulu. Dari sini, Anda perlu menyewa speedboat. Dibutuhkan sekitar 30-50 menit untuk sampai di pulau ini. Perjalanan singkat ini pasti nyaman dan menyenangkan. Anda bisa menyaksikan pemandangan di dekatnya dari kapal. Biasanya Agen perjalanan memasukkan Pulau Kalong  dalam paket tur wisata ke Taman Nasional Komodo.

Source https://www.pedomanwisata.com https://www.pedomanwisata.com/wisata-alam/taman-nasional/pulau-kalong-di-taman-nasional-komodo-tempat-menyaksikan-ribuan-kelelawar-besar
Comments
Loading...