Keindahan Pulau Biola,di Lingga Kepulauan Riau

0 122

Pulau Biola

Pulau Biola atau yang biasa disebut juga dengan Pulau Berjuala merupakan salah satunya, salah satu surga yang tersimpan di Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Nama pulau ini ditentukan seperti itu karena bentuk pulaunya yang seperti biola. Ingin tahu kelanjutan atau cerita menarik selengkapnya mengenai pulau ini? Simak pembahasannya pada beberapa sub judul berikut. Pulau ini terkenal dengan taman lautnya yang indah dan terbentuk dengan alami.

Air pantai di pulau ini juga sangat jernih karena kebersihan yang selalu dijaga sehingga Anda bahkan dapat melihat ikan – ikan yang lucu dan menggemaskan berenang – renang di antara terumbu karang yang cantik. Tidak hanya itu, pasir pantai di pulau ini juga amat sangat putih dan terbentang dengan luas. Sehingga Anda bebas bermain dengan keindahan yang ada tanpa takut merasa kotor atau terkena alergi, kebersihannya patut diacungi jempol. Pada area daratan pulau, terdapat barisan pohon santigi yang menghiasi pulau. Ratusan pohon ini sengaja dibuat menjadi bonsai yang tumbuh dengan subur di area bibir pantai sampai dengan area perbukitan untuk menambah nilai estetika pulau ini.

Fasilitas di Pulau Biola

Tidak banyak fasilitas yang dapat dijumpai di area sekitar pulau ini, terlebih karena lokasinya yang tersembunyi dan belum diketahui banyak orang. Suasana yang masih asri dan lokasinya yang tidak begitu dekat pusat kota membuat pulau ini minim pengunjung. Namun pulau ini memiliki keindahan yang sangat memukau mata bila melihat seluruh keindahan pada saat menginjakkan kaki Anda di pulau ini.

Daya Tarik Pulau Biola

Bila Anda ingin mengambil potret – potret pemandangan indah, di pulau ini ada banyak sekali spot yang bagus. Di pantainya bahkan bisa Anda jadikan latar. Entah foto pasir putihnya yang sangat bersih, ataupun penampakan beberapa kulit kerang yang memiliki beragam bentuk unik sedang mengintip dari balik pasir putih. Kemudian, hamparan laut yang berwarna biru jernih juga dapat Anda abadikan gambarnya. Anda bahkan dapat memotret pemandangan di bawah laut sampai kedalaman tertentu tanpa harus melakukan penyelaman terlebih dahulu. Bila ingin lebih jelas mengetahui pemandangan bawah laut sampai ke dasarnya, mau tidak mau Anda harus menyelam dan menggunakan kamera anti air bila ingin mengambil gambarnya. Banyak sekali terumbu karang yang belum terjamah dan keberadaannya masih sangat alami.

Akses Menuju Pulau Biola

Sampai saat ini, akses menuju ke tempat tersebut hanya dapat dilalui melalui kapal pompon atau kapal kecil dari Pelabuhan Tanjung Pinang yang akan memakan waktu perjalanan selama kurang lebih 30 menit. Namun, bila menggunakan speedboat hanya membutuhkan waktu 15 sampai dengan 20 menit untuk bisa sampai ke Pulau Biola. Bila Anda termasuk yang berasal dari luar Pulau Riau, mau tidak mau Anda harus menggunakan transportasi laut atau kapal yang menuju ke arah Pelabuhan Tanjung Pinang. Karena belum ada bandar udara (bandara) khusus yang bisa langsung menuju ke atau dekat dengan tempat tersebut.

Tips Berwisata ke Pulau Biola

Ada baiknya selain menikmati pemandangan di daratan, Anda juga tidak boleh ketinggalan dengan pamandangan yang terdapat di bawah laut. Karena ada banyak sekali terumbu karang yang belum terjamah, ikan – ikan hias yang lucu – lucu dan cantik, serta hal lain yang tidak kalah menarik di bawah laut yang tentunya akan sayang sekali jika dilewatkan begitu saja. Anda juga harus menyiapkan stamina untuk dapat berlibur ke Pulau Biola. Karena seperti yang sudah dibahas secara berulang – ulang, tempat ini memiki banyak spot bagus dan untuk menjelajahi ke semua spot tersebut membutuhkan tenaga yang tidak sedikit.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Pulau-Biola
Comments
Loading...