Warning: unlink(/tmp/c24a47605609d900a9c371d8a148529f-XRK88R.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Keindahan Pulau Bawa Nias Barat

0 86

Pulau Bawa

Pulau Bawa adalah pulau yang terletak di bagian barat Pulau Nias, tepatnya di Kecamatan Sirombu Kabupaten Nias Barat. Pulau ini merupakan satu di antara delapan pulau kecil yang ada di kepulauan Nias Barat, orang luar Nias menyebutnya Kepulauan Hinako.

ulau Bawa atau Kepulauan Hinako secara umum penduduknya lumayan sejahtera dari hasil berkebun kelapa. Sebagian besar dataran pulau ditanami dengan pohon kelapa (nyiur). Perkebunan ini dikelola secara konvensional, beberapa orang pekerja didatangkan dari daratan Nias untuk bekerja memelihara perkebunan, melakukan pembersihan kebun, hingga pemanenan buah kepala dan proses pengolahannya lebih lanjut menjadi kopra. Selanjutnya melalui bantuan pengusaha Cina (toke kehai), hasil kopra tadi dijual ke Sibolga, daratan Pulau Sumatera, menggunakan kapal-kapal besar yang datang secara rutin ke Kepulauan Hinako.

Mulai tahun 1980-an, produktivitas perkebunan kelapa mulai turun karena tidak ada upaya yang serius untuk melakukan penanaman kembali. Ditambah pula dengan menurunnya harga kopra (diduga) sebagai akibat teknologi pengolahan minyak sawit sudah semakin populer. Bahkan pada saat itu ada bermunculan periset kimia pangan yang kemungkinan dibiayai risetnya oleh industri kelapa sawit saudah mulai mengarahkan opini publik bahwa minyak kelapa sawit lebih sehat dari pada minyak kelapa (nyiur). Kemudian hasil riset ini dibantah kembali pada tahun 2000-an dengan diperkenalkannya “VCO” atau virgin coconut oil oleh para periset kimia pangan atau para pakar biokimia. VCO jauh lebih sehat daripada minyak sawit.

Source https://jehademusa.blogspot.com https://jehademusa.blogspot.com/2016/07/pulau-bawa-dahulu-kala.html
Comments
Loading...