Keindahan Pelabuhan Pengambengan di Jembrana

0 36

Pelabuhan Pengambengan

Pelabuhan Pengambengan merupakan kapal-kapal para nelayan. Jika dilihat dari bentuknya maka sekilas kapal-kapal pengambengan adalah kapal tradisional. Uniknya, seluruh kapal dicat dengan penuh warna dan tentunya berbeda dengan kapal-kapal lainnya di Bali. Keunikan kapal ini menjadi ciri khas yang ada pelabuhan Pengambengan ini dan mampu menarik wisatawan untuk berkunjung ke lokasi ini. Tidak hanya dinikmati oleh wisatawan lokal dan nusantara, bahkan wisatawan luar negeri juga ikut merasakan sensasinya berkunjung ke pelabuhan ini.

 

Keunikan Pelabuhan Pengambengan

Keunikan kapal-kapal yang beroperasi di Pengambengan adalah sistem bongkar kapal. Pembongkaran hasil tankapa tidak dilakukan langsung di dermaga (kapal merapat) melainkan di bongkar di tengah kolam tambat labuh dan menggunakan tenaga pengangkut manusia yang sering disebut dengan panol. Bagi yang hobi memancing, lokasi ini sangat pas menyalurkan hobi anda karena banyak terdapat spot-spot untuk memancing. Hampir tiap hari ada saja pemacing yang mencoba keberuntungannya di pelabuhan ini. Mulai dari pagi, siang hingga ke malam hari selalu ada saja pemancing yang duduk disekitar dermaga bahkan ada yang sampai ketengah laut berdiri mengambang hingga setengah badan mereka basah sambil memegang pancingan.

Daya Tarik Pelabuhan Pengambengan

Di pelabuhan ini sangat indah, kita bisa melihat hamparan laut membiru yang luas dengan ombak yang sangat tenang. Di seberang lautan bagian barat kita bisa melihat gugusan gunung-gunung yang ada di Pulau Jawa yang menjulang tinggi. Selain itu, pada saat menjelang senja, kita bisa melihat indahnya matahari tenggelam di ufuk barat. Pelabuhan ini memang menarik. Bagaimana tidak, bahkan menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti takjub melihat suasana perahu-perahu milik nelayan. Suasana perahu nelayan di pelabuhan ini luar biasa dan sangat cantik. Biasanya perahu-perahu nelayan di tempat lain itu kotor-kotor dan karatan, tetapi kalau di pelabuhan pengambengan sungguh sangat cantik sekali.

Akses Menuju Pelabuhan Pengambengan

Pelabuhan Pengambengan berada di Jalan Raya Negara-Pengambengan, Jembrana-Bali. Dari kota Negara (ibu kota kabupaten Jembrana) hanya berjarak kurang lebih 7 km atau dengan waktu tempuh 16 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor, sedangkan dari Jalan Raya Gilimanuk-Denpasar kira-kira berjarak 6 km. Untuk mengakses pelabuhan ini sangatlah mudah. Jika Anda datang dari timur (kota Negara), tepat diperempatan jalan raya Kaliakah (kira-kira 1,4 km barat kota Negara) belok ke kiri. Jika Anda datang dari arah barat (Gilimanuk) bisa melalui jalan Raya Pantai Cupel. Jalur ini paling mudah, karena jalan ini paling mudah diakses dan merupakan jalan utama menuju pelabuhan pengambengan. Jika ada perempatan tinggal lurus saja maka anda akan sampai di pelabuhan pengambengan ini.

Source https://www.longtripmania.org https://www.longtripmania.org/2016/04/tempat-wisata-pelabuhan-perikanan-pengambengan.html
Comments
Loading...