Keindahan Pantai Tulamben di Karangasem, Bali

0 19

Pantai Tulamben

Pantai Tulamben ini salah satu destinasi wisata alam yang berada di Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem yang berjarak 82 km dari timur kota Denpasar. Namun jika dari kota Amlapura, Pantai Tulamben hanya berjarak 25 km. Pantai ini tak memiliki pasir putih maupun hitam yang biasanya menjadi ciri khas pantai di Bali. Sebaliknay di sepanjang bibir pantai travelers akan mendapati pemandangan batu-batu sebesar telur ayam hingga kepalan tangan yang memenuhi pantai.

Namun bukan berarti pantai ini tak indah karena Pantai Tulamben menawarkan keindahan siluet Gunung Agung yang megah. Selain itu bebatuan tersebut juga cukup nyaman dilalui karena tidak tajam maupun licin. Ombak Pantai Tulamben juga cenderung tenang sehingga cukup aman untuk berenang di sana. Dengan tipe ombak yang seperti ini pula, Pantai Tulamben menjadi tempat yang pas untuk menyelam.

  

Kehidupan biota laut di bawah Pantai Tulamben memang cukup indah dan menakjubkan. Sejumlah terumbu karang cantik dan warna-warni nampak sehat dan menjadi rumah yang nyaman bagi ikan-ikan kecil yang jinak. Ada pula pemandangan lain yang akan menarik travelers untuk menyinggahinya. Sebuah bangkai kapal kargo milik Amerika Serikat bertipe USAT Liberty Go ada di dasar laut Pantai Tulamben, yakni dikedalaman 100 kaki atau 30 meter dari permukaan laut.

Kapal yang berfungsi sebagai pengangkut material kereta api dan karet dalam Perang Dunia II ini diserang oleh kapal selam Jepang di sebelah barat Selat Lombok pada 11 Oktober 1942 dengan serangan terpedonya. Karena memiliki kerusakan yang cukup parah sehingga kapal ini pun dilabuhkan di Pantai Tulamben. Selama 21 tahun kapal kargo ini berlabuh hingga akhirnya tenggelam lantaran terbawa lava kala Gunung Agung meletus di tahun 1963.

Keunikan dari bangkai kapal sepanjang 50 meter tersebut terletak pada posisinya yang memiliki kemiringan hingga 45 derajat sehingga nampak seolah-olah sengaja di letakkan di sana. Ada pula droop of point, yakni titik diving yang memiliki terumbu karang dengan kemiringan mencapai 90 derajat. Secara keseluruhan ada tujuh titik penyelaman yang bisa dicoba di Tulamben. Rata-rata berjarak sekitar 50 hingga 200 meter dari garis pantai. Asiknya sebagian besar titik penyelaman tersebut hanya perlu dijangkau dengan berjalan kaki. Meski ada sebagian kecil yang tetap harus ditempuh dengan menggunakan perahu.

Pantai Tulamben sudah cukup populer sebagai lokasi menyelam di Bali. Karenanya jangan heran jika di sekitar pantai ada banyak yang menyewakan peralatan menyelam dengan harga hanya Rp 250.000/jam dan sudah mendapatkan peralatan menyelam lengkap mulai dari swimsuit dan juga regulator. Kalau mau berselfie di dalam air, sewa saja kamera under water hanya dengan Rp 150.000/ jam. Kalau mau murah, gunain aja paket menyelam yang ditawarkan oleh hotel murah di Bali yang ada di sekitar pantai.

Salah satunya adalah Mimpi Resort Tulamben yang menyediakan paket menyelam seharga Rp 900.000 dengan fasilitas yang bukan saja peralatan menyelam dan kamera under water namun juga pemandu dan asuransi. Wih lebih hemat dan lebih terjamin keselamatannya, terutama buat yang baru belajar menyelam. Jadi kalau mau melihat surga laut Bali, jangan lewatkan untuk bertandang ke Pantai Tulamben.

Source http://www.anythingbali.com http://www.anythingbali.com/surga-diving-dan-snorkeling-di-pantai-tulamben/
Comments
Loading...