Keindahan Pantai Sawmil Lampung

0 186

Pantai Sawmil

Pantai Sawmil atau juga sumil ini terletak di Pekon (Desa) Karang Anyar, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Tanggamus. Jaraknya dari pusat Kota Agung sekitar 22 km dengan waktu tempuh kurang dari 1 jam perjalanan. Sedangkan jika dari Bandar Lampung, jaraknya sekitar 113 km dengan waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan. Jika dari Bandar Lampung, setelah tiba di Pasar Wonosobo anda masuk ke arah kiri. Dari pasar tersebut jaranya sekitar 2 km. Untuk rutenya yakni Bandar Lampung – Pringsewu – Wonosobo – Pantai Sawmil.

 

Untuk transportasi umum, anda bisa menggunakan bus tujuan ke Kota Agung atau Pesisir Barat dari Terminal Rajabasa. Kemudian ketika anda sampai di Pasar Wonosobo, anda bisa turun untuk kemudian melanjutkan perjalanan dengan menaiki ojek. Jika anda dari Bandara Raden Intan, anda bisa menaiki bus rute Raden Intan – Pesisir Barat. Bus itu berangkat pukul 11:00 WIB dari bandara. Sampai di Pantai Sawmil Lampung ini, anda akan disambut dengan pasir cokelat yang terhampar sangat luas. Ombak dan laut disni cukup berbeda dengan pantai-pantai lain di Kota Agung.

Pantai ini merupakan pantai bekas pabrik penggergajian kayu. Kemudian pabrik itu tidak beroperasi lagi dan pantai pun sering dijadikan sebagai tempat untuk berwisata oleh masyarakat sekitar khusunya Wonosobo dan Kota Agung. Laut disini memang keruh, namun kondisinyanya halus. Ketika sore hari dan pagi hari anda bisa menikmati proses perpindahan matahari. Sunrise di pantai ini cukup elok untuk disaksikan, begitu juga dengan sunsetnya. Pemandangan perbukitan yang ada di Kabupaten Tanggamus juga nampak jelas dari pantai ini. Anda juga bisa melihat perbukitan Tanam Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Bahkan, anda bisa melihat gagahnya gunung tanggamus dari pantai ini.

Di sebelah kiri, anda akan melihat Gunung Tanggamus sedangakan menoleh ke kanan ada pemandangan perbukitan TNBBS yang hijau. Kedua pemandangan ini bisa menjadi background untuk anda yang gemar berfoto. Dari sudut yang pas, anda bisa mengambil pemandangan Gunung Tanggamus sebagai view latar belakang anda. Di pantai ini juga ada spot foto yang menarik yakni keberadaan alat penambang pasir. Anda dapat menggunakannya sebagai objek berfoto. Ombak di pantai ini relatif kecil sehingga tidak terlalu membahayakan unutuk anda yang ingin menikmati segarnya bermain air di pantai. Anda yang ingin membawa keluarga anda pun bisa mengajaknya bermain di pasir pantai.

Selain itu di sepanjang tepi pantai juga terdapat pepohonan yang teduh dan dapat digunakan untuk bersantai atau sekedar berkumpul berasama keluarga menikmati pemandangan di Pantai Sawmill. Pantai ini cocok juga untuk dijadikan sebagai lokasi liburan akhir pekan. Pantai ini ramai dikunjungi saat hari libur lebaran, selain waktu tersebut kondisinya cukup sepi. Anda bis mengunjungi patai ini dengan mengajak teman atau rekan anda agar suasana menjadi lebih nyaman. Panorama pantai dan juga pemandangan gunung serta bukit yang tampak dari kawasan pantai ini bisa anda jadikan sebagai daftar kunjungan liburan anda.

Source https://www.lampung.co https://www.lampung.co/blog/pesona-pantai-sawmil-lampung-perpaduan-view-gunung-tanggamus-dan-tnbbs
Comments
Loading...