Keindahan Pantai Sakera, Bintan

0 35

Pantai Sakera

Pantai Sakera merupakan objek wisata pantai yang cukup populer bagi masyarakat Bintan. Ketika hari libur tiba, tak jarang pantai ini akan diserbu oleh wisatawan yang hendak berekreasi. Memiliki pasir putih yang membentang luas, serta air laut jernih berwarna biru kehijauan menjadi salah satu daya tarik utama pantai ini.

Pantai Sakera terletak pada Tanjung Uban, Kecamatan Bintan Utara, Kabupante Bintan, Kepulauan Riau. Untuk berkunjung ke pantai ini, setidaknya wisatawan perlu menempuh jarak kurang lebih 80 kilometer dari Tanjung Pinang. Jika dari Batam, perjalanan pun cukup dekat, wisatawan bisa menggunakan kapa feri untuk menyebrang lalu dilanjutkan perjalanan selama 15 menit dari pelabuhan.

Perjalanan menuju ke Pantai Sakera ini bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Belum tersedia transportasi umum yang melayani jalur ini, namun wisatawan bisa menyewa mobil atau menggunakan taksi. Akses menuju tempat wisata ini pun terbilang mudah, jalan yang lebar dan sudah diaspal mulus serta terdapat papan-papan petunjuk yang mengarah ke pantai.

Pesona Pantai Sakera

Berlibur di Pantai Sakera menawarkan sensasi seru dan menyenangkan. Pantai ini juga tak kalah indahnya, dengan deretan pantai yang ada di kawasan Lagoi. Setibanya dipantai, wisatawan akan disambut dengan hamparan pasir putih yang membentang luas, serta pepohonan rindang ditepi pantai. Air laut di pantai ini cukup jernih, berwarna biru kehijauan sehingga nampak begitu memukau. Wisatawan pun bisa menikmati pantai dengan bermain air, berenang, berkejaran dengan ombak, atau sekedar bersantai bermandikan sinar matahari. Air lautnya pun cukup tenang dan bersahabat, sehingga sangat aman bagi pengunjung yang datang membawa anak-anak. Namun tentunya anak-anak harus selalu didalam pengawasan orang tua.

Ketika air tengah surut, di Pantai Sakera ini akan banyak ditemui wisatawan dan masyarakat setempat yang sedang bekarang. Bekarang merupakan kegiatan mencari siput laut, gonggong, kerang dan juga teripang. Pengunjung beramai-ramai membawa kantong plastik untuk mencari hewan laut yang bisa dikonsumsi tersebut. Tak hanya sekedar mencari lauk pauk saja, kegiatan ini seolah telah menjadi tradisi yang selalu dilakukan di Pantai Sakera. Saat air laut surut, luas pantai pun bisa mencapai hingga 2 kilometer. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa akan larut dalam keseruan bekarang. Tak jarang, mereka bisa membawa pulang 2 kantong plastik yang dipenuhi kerang dan siput laut.

Di Pantai Sakera ini, wisatawan juga bisa bermain voli pantai, bermain futsal di lapangan pasir, serta memacu adrenali di arena outbond yang disediakan. Berbagai fasilitas ini bisa dinikmati secara gratis, dan tentunya akan memberikan pengalaman yang seru saat berolahraga ditepi pantai nan indah dan eksotis. Pantai yang terletak di Tanjung Uban ini bisa menjadi alternatif selain deretan pantai di Lagoi. Suasana yang masih alami, serta kondisi pantai yang terjaga kebersihannya akan memberikan kenyamanan dan ketentraman bagi setiap wisatawan. Pantai Sakera juga merupakan tempat yang pas untuk menghilangkan rasa penat, dari aktivitas sehari-hari yang menjemukan.

Fasilitas di Pantai Sakera

Pantai Sakera juga dilengkapi fasilitas yang cukup memadai guna memberikan kenyamanan kepada wisatawan. Di pantai ini terdapat beberapa toilet umum, tempat sampah, tempat parkir yang cukup luas, serta terdapat beberapa masjid dan mushola disekitar pantai yang bisa digunakan untuk beribadah bagi umat muslim. Selain itu, di tepi pantai terdapat semacam gazebo-gazebo dengan jumlah yang cukup banyak. Gazebo ini memang dibuat untuk wisatawan jika ingin beristirahat usai menikmati keindahan pantai. Di saat akhir pekan, wisatawan harus menyewa gazebo-gazebo ini, namun diluar akhir pekan pengunjung bisa menikmati fasilitas ini secara cuma-cuma.

Di Pantai Sakera juga memiliki fasilitas seperti lapangan voli pantai, lapangan futsal beralaskan pasir, dan juga arena outbond. Wisatawan juga tak perlu khawatir ketika lapar datang, karena disekitar pantai bisa dijumpai pedagang, serta rumah makan yang menawarkan aneka olahan kuliner seafood. Makanan khas Bintan yang layak untuk dicoba adalah otak-otak ikan, serta sate gonggong. Jika ingin bermalam, wisatawan bisa memilih hotel dan penginapan yang banyak tersebar di Tanjung Uban. Berlibur di Pantai Sakera, merupakan alternatif yang bisa dipilih ketika berada di Bintan, berikut beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika berada di pantai.

Keindahan Pantai Sakera

Saat kamu berkunjung di Pantai Sakera, kamu bisa menikmati pemandangan pantai yang eksotis dengan pasir putih yang terhampar luas. Kamu bisa sepuasnya bermain dilembutnya pasir, seperti bermain voli pantai, bermain futsal, atau memacu adrenalin di arena outbond. Kamu juga bisa berkejaran dengan ombak, atau bermain disegarnya air laut. Air laut di pantai ini tergolong dangkal, dan cukup aman untuk berenang. Kamu bisa merasakan segarnya air laut, dan juga sangat jernih berwarna biru kehijauan. Jika kamu masih belum puas, kamu bisa menyewa kano untuk berkeliling menikmati pemandangan yang disajikan Pantai Sakera. Pantai ini juga cukup menarik, sebagai destinasi bulan madu bersama pasanganmu.

Aktivitas di Pantai Sakera

Dikala Pantai Sakera mengalami surut, kamu bisa melakukan aktivitas bekarang yang cukup asyik dan seru. Di pantai ini kamu bisa mencari aneka biota laut, seperti teripang, kerang, siput laut, gonggong, atau bahkan kepiting. Tak jarang, banyak pula dijumpai ikan-ikan terperangkap di bebatuan karang yang bisa dengan mudahnya kamu tangkap.

Jika beruntung, kamu bisa membawa pulang hewan laut tersebut dengan gratis. Kamu juga bisa langsung memasaknya dipinggir pantai dengan cara membakarnya. Hewan-hewan laut ini kaya akan protein, dan memiliki rasa yang gurih meskipun tak diberi bumbu. Kamu bisa menikmatinya di gazebo tepi pantai, sambil memandangi lautan.

Harga Tiket Masuk Pantai Sakera

Untuk memasuki Pantai Sakera, wisatawan tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis. Sedangkan untuk biaya menyewa kano, dipatok Rp. 25.000 per jam.

Tips Berwisata di Pantai Sakera

  • Jika datang pada siang hari, jangan lupa untuk memakai topi dan kacamata hitam.
  • Datanglah saat air laut surut, jika kamu ingin bekarang di Pantai Sakera.
  • Pakailah alas kaki ketika di pantai, karena pantai ini memiliki karang-karang yang cukup tajam.
  • Bawalah baju ganti jika ingin berenang atau bermain air.
  • Tetaplah berhati-hati saat berenang, meskipun air laut di pantai ini dangkal.
  • Jagalah kebersihan pantai, dan jangan mengotori pantai dengan sampah.
  • Selalu Jagalah kelestarian pantai, dan jangan rusak fasilitas serta keindahan pantai.
Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Pantai-Sakera
Comments
Loading...