Keindahan Pantai Ratenggaro di Sumba Barat

0 197

Pantai Ratenggaro

Pantai ini merupakan perpaduan antara wisata alam dan budaya karena di dekat pantai terdapat sebuah desa tradisional bernama Kampung Ratenggaro dengan makam batu yang unik dan bersejarah tepat di pantai. Pantai Ratenggaro memiliki ombak besar dengan long roll, dan sangat cocok untuk mereka yang suka surfing. Sayangnya, tidak ada fasilitas untuk aktivitas yang menantang ini, kondisi yang demikian menjadi tugas besar bagi pemerintah daerah. Pesona pantai tidak hanya dari pantainya, namun pengunjung yang datang ke Retanggaro bisa melihat kehancuran makam dari jaman megalitik, atau sekitar 4.500 tahun yang lalu.

  

Pantai Ratenggaro masih alami dan sangat bersih. Garis pantai ditandai oleh pasir putih hingga air kristal. Suara air ombak bisa terdengar dari desa sebelah. Setiap malam, ada penduduk lokal yang berkunjung ke pantai. Bila Anda datang ke pantai ini, atau mengelilingi Pulau Sumba, Anda disarankan memakai sepatu tertutup. Ini diperlukan untuk menghindari Anda dari tetanus. Salah satu keunikan pantai adalah bahwa Ratenggaro terletak tepat di muara sungai dengan air biru.

Daya Tarik Pantai Ratenggaro

Tiba di Pantai Ratenggaro, kesan pertama adalah tentang suasana etnik. Itu karena Anda akan melewati banyak desa tradisional. Bila Anda datang ke sana, Anda tidak hanya menikmati pantainya, tapi Anda bisa menikmati budaya yang luar biasa. Pertama, Anda bisa meluangkan waktu untuk mengagumi keindahan panorama. Air biru dan gelombang dahsyat menjadi kombinasi sempurna bagi mereka yang mencintai alam dan selancar. Tapi, Anda harus menjadi perenang profesional karena ada palung dalam di sini. Setelah Anda selesai berenang atau bermain air, Anda bisa mulai menjelajahi rumah tradisional Ratenggaro. 

Mereka tetap mempertahankan arsitektur aslinya. Kadang, Anda akan mendengar dari penduduk desa bahwa ada kepercayaan tentang desa mereka. Anda tidak diperbolehkan menyeberangi muara sungai ke desa berikutnya, Wainyapu, bernyanyi, dan bersiul. Sebaiknya Anda harus mematuhi undang-undang tidak tertulis ini karena penduduknya sendiri sangat tegak mematuhi peraturan ini. Saat Anda berjalan di sekitar pantai, Anda akan melihat salah satu kuburan setinggi 3 meter. Di Ratenggaro, Anda bisa melihat menara rumah dari dua desa, yaitu Wainyapu dan Ratenggaro. Tidak mengherankan jika orang menyebut desa-desa ini sebagai ‘Desa Seribu Tower’.

Akses Menuju Pantai Ratenggaro 

Pantai Ratenggaro ada di Desa Ratenggaro, Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dari Kota Tambolaka, dibutuhkan 48 km. Infrastruktur menuju pantai mulus dan memakan waktu sekitar 1,5 jam dari Kota Waikabubak. Jika ingin naik kendaraan umum, ada bus dan bus mini ke Bondo Kodi. Kemudian, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor. Jika ingin jalan alternatif, Anda bisa membawa agen perjalanan untuk datang ke Pantai Ratenggaro. Sepanjang jalan menuju pantai, Anda akan melihat pohon kayu keras sepanjang sekitar 2 km.

Source https://www.pedomanwisata.com https://www.pedomanwisata.com/wisata-bahari-pantai/pantai-pasir-putih/pantai-ratenggaro-di-sumba-barat-daya-perpaduan-keindahan-wisata-alam-dan-budaya-di-pulau-sumba
Comments
Loading...