Keindahan Pantai Pemuteran di Buleleng, Bali

0 66

Pantai Pemuteran

Pantai Pemuteran merupakan salah satu wisata alam pantai ini dengan ciri khas kelandaian daerahnya dan ketenangan suasana yang dimilikinya. Pasir pantai ini berwarna hitam berkilauan dengan bentuk pantainya yang menjorok ke daratan laksana sebuah teluk. Panjang pantainya sendiri mencapai 6 km dan berlatar bukit dengan dominasi pohon kelapa dan pohon arena.

Objek wisata ini bisa dibilang termasuk jauk dari ibukota kabupaten apalagi provinsi. Wilayahnya juga cukup jauh—mencapai beberapa jam dengan menggunakan kendaraan—sehingga wajar jika banyak beberapa penginapan (cottages) dan jangan harap ada klab malam, bar, atau café. Meski demikian, bukan berarti kunjungan Anda ke pantai ini tak akan seru.

Kawasan wisata ini juga menjadi pilihan utama wisatawan yang berkunjung untuk bermeditasi. Biasanya wisatawan yang berkunjung memang dari kalangan yang sudah pensiun dan menyukai hal-hal yang tenang. Selain mendapatkan ketenangan sambil berjemur di pantai, juga dapat melakukan meditasi di dalam kamar atau dapat juga bermeditasi dengan mengunjungi tempat sembahyang umat Hindu di Pura Pulaki dan Pura Melanting yang jaraknya sekitar 10 km dari Pemuteran.

Hal lain yang dapat ditemui di kawasan wisata Pemuteran adalah pemandangan bawah laut yang banyak ditumbuhi terumbu karang dan ribuan ikan dengan berbagai jenis. Keindahan terumbu karang Pemuteran memiliki 80% jenis terumbu karang yang ada di Indonesia. Kawasan Pemuteran pernah mendapatkan penghargaan dari SKAL (organisasi pariwisata bawah laut sedunia) pada bulan Nopember 2003 karena keindahan bawah lautnya yang mempesona.

Lokasi Pantai Pemuteran

Pantai Pemuteran berada di Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng yang berjarak sekitar 200 km dari Ibukota Denpasar dengan melalui jalur Denpasar—Singaraja—Gilimanuk.

Source http://bali.panduanwisata.id http://bali.panduanwisata.id/pantai-bali/menikmati-landainya-pantai-pemuteran/
Comments
Loading...