Keindahan Pantai Pasir Marus, di Kepulauan Riau

0 12

Pantai Pasir Marus

Pantai Pasir Marus merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Kecamatan Bunguran Barat tepatnya di Pulau Sedanau sangat terkenal di kalangan masyarakat sebagai obyek wisata utama di Pulau Sedanau. Dari Natuna Besar, agar bisa menyeberang ke Sedanau, Anda bisa menumpang kapal feri dari Pelabuhan Binjai. Dari Ranai, ibukota Kabupaten Natuna yang terletak di sisi timur Natuna Besar, butuh waktu sekitar 45 menit berkendara menuju Pelabuhan Binjai yang ada di sisi barat. Anda bisa menumpang angkutan khusus menuju Pelabuhan Binjai dengan ongkos Rp 25.000.

Tarif penyeberangan ke Sedanau Rp 36.000 per orang. Namun, jangan membayangkan kapal feri besar yang biasa Anda tumpangi ketika menyeberangi Selat Sunda. Kapal feri yang ada di Pelabuhan Binjai cuma speed boat berkapasitas sekitar 40 penumpang. Perhatikan juga jadwal keberangkatan kapal feri. Soalnya, penyeberangan ke dan dari Sedanau hanya dua kali dalam sehari, yakni di pada pagi dan siang hari. Perjalanan laut ke Pulau Sedanau memakan waktu sekitar 40 menit.

Dalam perjalanan menuju Sedanau, Anda akan disuguhi pemandangan hutan bakau atau mangrove di sepanjang pantai Binjai. Masuk laut lepas, gantian Anda dihidangkan pemandangan laut dengan latar belakang pulau-pulau yang ada di sekitar Natuna Besar. Sampai di Pelabuhan Sedanau, Anda bakal melihat banyak keramba untuk budidaya ikan kerapu yang hasilnya diekspor ke Hong Kong. “Ikan lain yang juga diekspor nelayan Sedanau adalah tuna, tongkol, kakap, udang, dan ikan napoleon dari perikanan tangkap,” kata Perwira Pelaksana Pangkalan TNI AL Ranai Mayor Laut Faisol. Anda juga bisa menyaksikan aktivitas pengolahan ikan di Pelabuhan Sedanau.

Di Pulau Sedanau yang penduduknya padat ini, Anda bisa menghabiskan waktu di Pantai Pasir Marus. Pantai ini tidak terlalu panjang namun sangat elok. Garis pantai yang sepanjang 500 meter ini punya pasir putih yang bersih. Airnya yang jernih dan udara pantai yang segar, dipastikan tidak akan membuat Anda bosan. Pantai yang landai dan tidak terlalu dalam dengan ombak yang cukup tenang juga cukup aman untuk anak-anak maupun orang dewasa yang ingin berenang atau mandi di laut.

Nah, untuk menuju ke Pantai Pasir Marus, dari Pelabuhan Sedanau, Anda cukup berjalan kaki selama 10 menit, sembari olahraga dan melihat pemukiman penduduk dan aktivitasnya di sepanjang jalan. Ada beberapa kelebihan dan keindahan yang dapat ditemukan di pantai berukuran sedang itu di antaranya; yang pertama dari segi bentuk pantai tersebut yang landai. Hal ini dapat mencipatakan Pemandangan yang indah bagi para pengunjung.

Yang kedua, kelandaian pantai teresbut tidak terlalu dalam sehingga dapat menimbulkan rasa aman bagi para wisatawan yang hendak menyelam, berenang mau pun berendam di sana baik bagi orang dewasa maupun anak-anak. Selain itu, letaknya tidak terlalu jauh dari kota Sedanau, cuma 10 menit saja perjalanan sudah bisa sampai di pantai mungil nan indah tersebut.

Source http://disparbud.natunakab.go.id http://disparbud.natunakab.go.id/pantai-pasir-marus/
Comments
Loading...