Keindahan Pantai Pandanan, Lombok

0 48

Pantai Pandanan

Pantai Pandanan yang berada di Desa Malaka, Lombok Utara sangat spesial karena memiliki panorama alam yang indah dan menakjubkan. berlatar perbukitan hijau, ditambah pepohonan kelapa yang berada di sisi pantai, menambah suasana ketenangan dan kesegaran bagi anda yang berkunjung. Desa Malaka ini memiliki sejumlah pantai yang masih alami. Yang dapat mewakili dari kata menakjubkan karena selain masih alami pantai pandanan juga dapat menyuguhkan pemandangan yang dapat menggundang kekaguman tersendiri. Air pantai pandanan ini memiliki warna pantai biru kehijauaan yang masih begitu jernih.

Pantai Pandanan yang lokasinya secara pemerintahan memang berada di Kabupaten Lombok Utara, namun secara geografis berada di sisi Barat Pulau Lombok. Tidak seperti mayoritas pantai-pantai yang berada di pesisir barat Pulau Lombok yang berpasir coklat, pantai ini memiliki pasir yang putih bersih dan halus. Selain berjemur di pasirnya yang lembut, anda juga bisa bersantai di beruga, beruga adalah bangunan yangsangat mirip dengan rumah kecil nanun, tidak memiliki dinding hanya saja beratapakan dengan daun kelapa. Bangunan beruga ini bisa anda gunakan disaat suasana sangat terik sekali.

Pantai ini berjarak sekitar 45 menit dari kota Mataram. Tidak begitu jauh, walaupun sulit jika harus mencapai pantai ini menggunakan angkutan umum. Sebaiknya Anda menyewa mobil atau motor untuk mencapai Pantai Pandanan. Sesampainya di sana, Anda bisa sepuasnya menikmati ombak landai dan keindahan panorama Pandanan. Kalau anda datang dari pusat Kota Mataram ada 2 cara yang dapat ditempuh untuk sampai ke Pantai Pandanan. Rute yang pertama adalah Mataram – Ampenan – Montong – Senggigi – Malimbu – Nipah – Pandanan. Sedangkan rute alternatif adalah Mataram – Gunung Sari – Pusuk – Perempatan Bangsal – Kecinan – Pandanan. Sedangkan waktu tempuh yang dibutuhkan dari Mataram jika berkendara adalah +- 1-1,5 jam saja. Waktu yang akan terasa cukup singkat karena kedua rute itu tidak akan membuat anda bosan di perjalanan.

Pantai Pandanan dengan panorama alam yang indah, sepi dan tenang, juga sangat bersih. Mungkin karena tidak terlalu banyak wisatawan yang berkunjung kesini sehingga tak ada sampah yang mengotori. Pasirnya putih berpadu dengan perairan yang berwarna biru dan hijau toska. Bagi yang tak menyukai keramaian, Pantai Pandanan sangat cocok. Bersantai dengan keluarga, teman atau kerabat adalah aktivitas yang pas dilakukan di Pantai Pandanan ini. Bukit hijau yang berada di sekitar pantai menambah keindahan.

Suasana pantai pandanan yang sangat tenang dapat berpadu menjadi satu dengan keindahan perbukitan hijau yang berada di sekitar pantai pandanan. Selain itu, banyak sekali pepohonan yang bisa anda gunakan untuk berteduh. Jajaran pohon kelapa yang memang banyak dijumpai di pantai tepatnya di Desa Malaka, menjadi pemandangan yang semakin memanjakan mata untuk dapat melihatnya.

Selain Panorama alam yang indah dan menakjubkan, di Pantai pandanan juga tersaji aneka kuliner yang dijajakan warung-warung dengan berugak (pendopo) di pinggir pantai. Jadi, anda tinggal pilih warung dan ikan laut jenis apa saja yang diinginkan. Anda dapat mencoba ikan bakar, menu lain yang tak kalah enaknya adalah terong bakar dan sayur daun kelor. Selain itu, Kombinasi nasi hangat + sayur daun kelor + terong bakar dan ikan bakar berikut panorama alam indah dan menakjubkan akan membuat anda serasa di surga.

Source https://ntbtimes.com https://ntbtimes.com/2017/01/panorama-alam-yang-indah-di-pantai-pandanan-desa-malaka-lombok-utara/
Comments
Loading...