Keindahan Pantai Manohara, Pidie Jaya-Aceh

0 13

Pantai Manohara

Nama Pantai Manohara bukan diambil dari nama model atau pesinetron Manohara Odelia Pinot. Tapi dari tulisan spanduk pedagang yang terpampang menghadap pintu masuk pantai. Pantai Manohara merupakan salah satu pantai di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Letaknya di desa Mns.Baleek Kecamatan Meuredu. Jauh sebelum dikunjungi banyak wisatawan, pantai tersebut bernama Meuredu. Namun hingga saat ini nama Manohara nyatanya lebih gampang diterima secara luas. Tidak hanya oleh masyarakat Aceh tapi juga para wisatawan dari luar kota.
Ketika mendengar nama Manohara, yang pertama tersirat dalam benak tentu saja bayangan sosok model berpostur tinggi dan pemain sinetron. Ia adalah Manohara Odelia Pinot, perempuan yang sekitar tujuh tahun lalu menjadi objek pemberitaan atas kasus kekerasan rumah tangga yang menimpanya. Namun pada kenyataannya Pantai Manohara tidak ada kaitan dengan sang model. Nama Manohara melekat dengan pantai tersebut bermula dari spanduk besar pedagang yang terpampang di sekitar lokasi.

Sepanduk tersebut bertuliskan ‘Manohara’ dan tepat menghadap ke pintu masuk pantai. Sehingga hampir semua pengunjung yang datang membaca nama tersebut. Manohara sudah pasti akan lebih gampang diingat dan cepat dikenal karena sama dengan nama model. Terlepas dari namanya yang cantik, pantai berpasir putih itu pun kini kian ramai dikunjungi. Dengan hamparan pasir yang luas, banyak para pengunjung yang datang untuk bermain sepak bola, voli pantai dan lain-lain. Di pantai itu, pengunjung hanya cukup membayar parkir kendaraan saja, yaitu Rp 2.000,- untuk roda dua dan Rp 5.000,- untuk roda empat.

Sedangkan untuk mengganjal perut, ada banyak kios dan kafe yang berjajar mengikuti garis pantai. Minuman segar dan makanan khas seperti Mie Aceh juga bisa dijumpai di kawasan wisata itu. Untuk sampai ke lokasi pantai, dari Meuredu pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Angkutan seperti labi-labi (mobil pick up yang dimodifikasi) tarifnya berkisar antara Rp 10.000,- sampai Rp 20.000,-.

Source https://sportourism.id https://sportourism.id/sport/pantai-manohara-pidie-jaya-aceh
Comments
Loading...