Keindahan Pantai Ketawang Purworejo Jawa Tengah

0 183

Pantai Ketawang

 

Pantai Ketawang merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Purworejo. Pantai Ketawang ini terletak di Dusun Ketawang, Desa Ketawangrejo, Kecamatan Grabag, Purworejo. Tetapi Pantai Ketawang sering di sebut juga dengan Pantai Jetis, padahal Jetis sendiri merupakan nama Dusun di Desa Patutrejo yang terletak di sebelah timur Desa Ketawangrejo. Usut punya usut setelah saya lihat di suatu peta, ternyata kedua dusun tersebut juga saling berbatasan, sehingga kemungkinan kedua pantai tersebut juga sulit untuk di cari batasnya.

Rute Menuju Pantai Ketawang

Untuk ke pantai ini yang paling mudah dari Kutoarjo, tinggal menuju stasiun dan terus ikuti jalan ke selatan hingga jalan Daendels dan ikuti lagi jalan ke selatan hingga ke Pantai. Jika lewat jalan Daendels dari Kebumen atau Jogja tinggal menuju bagian Purworejo yang jalannya masih kurang bagus sesampai menemukan petunjuk ke Ketawang. Bisa juga lewat jalan sebelum plang ke Ketawang (dari arah Jogja) yang nanti melewati gerbang dengan tulisan selamat datang di Pantai Jetis, tinggal mengikuti jalan paving hingga Sampai ke Pantai Ketawang.

Fasilitas  Pantai Ketawang

Di Pantai ini sudah ada tempat parkir, tempat makan, dan tiada retribusi. Jenis pasir di Pantai ini adalah pasir besi yang hitam, dan ketika saya membaca beberapa plang di jalan masuk, sepertinya dulu pantai ini menjadi tempat menambang pasir besi tapi sekarang sudah tidak lagi dan sekarang sedang di reklamasi. Pantai ini menjadi spot mancing pasiran dengan pancingnya yang panjang-panjang dan saya hanya membawa tripot yang saya panjangkan kaki-kakinya.

Keindahan  Pantai Ketawang

Pemandangan pantai ini sangalah indah. Kalau cuma mau menikmati sore atau ingin menikmati angin semilir. Dari pantai ini kita bisa melihat pegunungan sewu dan menoreh di sebelah timur dan karst gombong di sebelah barat. Yang paling menyita perhatian mata saya adalah adanya mercusuar yang lokasinya cukup dekat, sekitar beberapa ratus meter barat laut dari Pantai. Ketika menuju ke mercusuar, saya menggunakan jalan pasir yang menuju ke barat yang berada di ujung jalan paving (mobil gak bisa tembus), dan ternyata di tengah jalan, jalan ini di belah oleh sungai kecil dan saya harus melewati sungai tersebut tanpa jembatan, kira-kira sih dalamnya cuma 30 cm.

Source wisata purworejo
Comments
Loading...