Keindahan Pantai Enabhara, di Kabupaten Ende

0 116

Pantai Enabhara merupakan Salah satu destinasi aset wisata alam di Kecamatan Maurole, Kabupaten Ende, terletak di wilayah utara—termasuk dalam jalur alternatif pantai utara Ende-Sikka. Dalam bahasa Suku Lio ena berarti pasir, sedangkan bhara berarti putih. Kadang-kadang ada yang menyebut Enabhara dengan Anabhara. Dari pusat Kota Ende jarak yang ditempuh sekitar 80 kilometer, estimasi waktu 2 sampai 2,5 jam, dengan kecepatan speedometer 60-80 kilometer/jam. Jangan kuatir, jarak sejauh itu menjadi tidak terasa karena sepanjang jalan mata kita akan disuguhi pemandangan alam spektakuler seperti tebing-tebing tinggi, pematang sawah bertingkat, pasar tradisional, hingga keramahan penduduknya.

Keindahan Pantai Enabhara

Pantai berpasir putih itu biasa, tapi tipikal pasir putih di Pantai Enabhara ini unik, karena pasir putih itu terdiri atas pasir putih dan pecahan-pecahan karang yang meng-cover-nya. Karena termasuk dalam garis pantai utara, maka pantai ini pun landai, dengan ombak yang ramah, sehingga aktivitas bermain air menjadi lebih menyenangkan. Jika beruntung dan datang pada saat yang tepat, pelancong akan disuguhi pemandangan satu jembatan atol yang memanjang hingga ke tengah laut. Bolehkah pelancong melewati jembatan alam itu? Tentu boleh! Saya sering melakukannya. Saran saya, harus memakai alas kaki jika tidak ingin kaki tertusuk beberapa karang tajam.

Daya Tarik Pantai Enabhara

Pantai Enabhara belum dikelola secara profesional. Artinya, belum ada investor yang menanam modal usaha di sana. Untuk itu saya patut berucap Alhamdulillah. Tidak dapat saya bayangkan Pantai Enabhara berubah menjadi seperti Labuan Bajo; banyak pub, jejeran hotel, dan tempat makan. Meskipun sedikit, kedatangan investor pasti memberi keuntungan untuk perekonomian penduduk lokal, tapi … kita tidak akan dapat menikmati sensasi pantai pribadi. Boro-boro gantung hammock di antara dua pohon, untuk masuk saja harus bayar.

Pada satu dua kesempatan, ketika berkunjung ke Pantai Enabhara, saya menemukan beberapa bocah setempat yang bermain di sekitar pantai, dan beberapa lagi mendayung sampan kecil mereka menyusuri tepi laut. Para pelancong bisa meminta pada anak-anak itu untuk mengajak berkeliling. Karena sampannya kecil, maksimal kapasitas sekitar 4 orang saja. Tidak ada biaya yang harus dikeluarkan, tetapi berilah sedikit tip untuk mereka.

Source https://seword.com https://seword.com/travel/sensasi-private-beach-di-pantai-enabhara
Comments
Loading...