Keindahan Pantai Dorak di Selat Panjang Meranti

0 23

Pantai Dorak

Pantai Dorak ini menjadi salah satu pantai wisata yang banyak dikunjungi masyarakat Kota Selatpanjang, Kepulauan Meranti. Masuk dalam peta wisata Riau untuk Kabupaten Kepulauan Meranti. Meskipun Selatpanjang dikeliling kawasan pulau dan perairan, namun untuk pantai sendiri masih terbilang cukup sederhana kondisinya. Pantai Dorak cukup untuk melepas kepenatan para pengunjung dari luar kota yang ingin menikmati suasana laut yang khas di Selatpanjang.

Pantai Dorak merupakan sebuah pantai yang terletak di kawasan Kota Selatpanjang. Di pinggiran pantai terdapat turap dari bebatuan serta bangunan tangkahan kayu yang dibuat panjang menjorok ke laut seperti pelabuhan kecil. Ada yang hanya sekedar untuk duduk dan menikmati angin laut, ada juga yang dibuat langsung terhubung dengan air selat. Para pengunjung bisa bermain air, terutama ketika kondisi air dalam keadaan pasang.

Pantai Dorak banyak dikunjungi warga di petang hari, terutama pasangan muda-mudi yang ingin menikmati senja. Ada yang juga yang sekedar berpose mengambil foto untuk akun sosial medianya. Angin laut berhembus kuat ditambah dengan pemandangan kapal-kapal nelayan yang berlayar di lautan. Bagi yang berasal dari luar kota, akan menjadi daya tarik tersendiri melihat langsung kapal-kapal nelayan yang disandarkan di dermaga. Kapal-kapal dengan berbagai ukuran menjadi pemandangan khas yang sulit dilupakan dari Kota Selatpanjang.

Keindahan Pantai Dorak 

Pantai Dorak Selatpanjang semestinya perlu dikembangkan lagi, mulai dari kebersihan maupun fasilitas yang harus dilengkapi lagi. Kayu-kayu yang menumpuk di sepanjang kawasan pantai sebaiknya dibersihkan sehingga para pengunjung bisa menikmati suasana yang lebih asri lagi. Selama ini beberapa lokasi pantai ini hanya disinggahi para pekerja tukang becak dan fasilitas untuk bersantai pun masih kurang. Di tempat ini juga perlu dibangun area kuliner khusus selain yang sudah tersebar di kawasan Kota Selatpanjang tentunya.

Duduk di tepi pantai pada petang hari menyuguhkan pemandangan sunset yang indah, dan inilah yang banyak dicari orang di kawasan Selatpanjang. Warga setempat juga perlu membantu pemerintah dengan menjaga kebersihan area. Tidak menumpuk sampah di area pantai misalnya. Sehingga akan semakin memberi kesan yang indah pada para pengunjung dari luar kota.  Duduk di tepi Pantai Dorak akan semakin spesial dengan menikmati berbagai kuliner khas daerah ini.

Seperti misalnya roti canai yang cukup terkenal di Selatpanjang. Para penjual roti canai di kota ini umumnya belajar di Malaysia lebih dulu sebelum membuka bisnisnya, sehingga tak heran jika rasanya benar-benar membuat rindu para wisatawan luar kota. Selain itu, aneka makanan seafood seperti tomyam juga sangat lezat rasanya. Berbeda dengan rasa tomyam di kebanyakan tempat. Rasanya sangat pas dan campuran seafoodnya yang sangat banyak. Duduk di pantai menikmati kuliner ini akan menjadi suasana tak terlupakan selama berada di Selatpanjang.

Akses Menuju Pantai Dorak

Dari Kota Pekanbaru, sebelum mengunjungi Pantai Dorak, Anda harus lebih dulu mengunjungi Kota Selatpanjang sebagai ibu kota dari Kabupaten Kepulauan Meranti, ada beberapa rute yang bisa ditempuh, yakni:

  1. Dari Pekanbaru naik kapal dari Pelabuhan Sungai Duku menuju ke Perawang (sekitar 30 menit), selanjutnya pihak kapal akan memindahkan penumpang ke dalam bus besar dan melaju menuju Pelabuhan Buton (selama lebih kurang dua jam perjalanan). Dari pelabuhan Buton, penumpang akan dipindahkan lagi ke kapal menuju pelabuhan Tanjung Harapan Kota Selatpanjang. Lama perjalanannya kira-kira 1,5 jam. Lama total perjalanan dari Pekanbaru ke Selatpanjang sekitar 4 jam dengan ongkos kisaran 165ribu rupiah per orang. Setelah sampai di Kota Selatpanjang, Anda bisa mencari penginapan yang tersedia dalam berbagai harga. Hotel umumnya bertarif di bawah 500 ribu rupiah yang ada di pusat kota.Untuk menuju Pantai Dorak yang berlokasi di Jalan Dorak Selat Panjang, Anda bisa menggunakan kendaraan umum yang ada di Kota Selatpanjang, yakni ojek atau becak. Tarifnya sekitar 15ribu untuk satu trayek. Anda bisa langsung minta diantar ke lokasi Pantai Dorak.
  2. Jika Anda kurang suka pindah-pindah kendaraan, Anda bisa naik travel dari Kota Pekanbaru menuju Buton. Lalu setelah dari Buton dilanjutkan dengan naik kapal menuju Selatpanjang. Tarif biayanya tak jauh beda dengan rute pertama. Setelah sampai di Selatpanjang, Anda bisa melakukan hal yang sama seperti pada rute nomor satu.
Source http://www.riaumagz.com http://www.riaumagz.com/2018/04/wisata-pantai-dorak-di-selat-panjang.html
Comments
Loading...