Keindahan Pantai Arung Hijau, Anambas Riau

0 47

Pantai Arung Hijau

Dari sederet pantai eksotis di Anambas, inilah pantai yang tidak memiliki bentangan pasir putih, tetapi berlanskap bebatuan hitam kecoklatan. Berombak kencang, pantai ini berhias rumah-rumah penduduk dan dikenal sebagai titik terbaik di Siantan untuk menikmati sunset.  Dinamai Pantai Arung Hijau, sebab pantai ini memang berlokasi di Desa Arung Hijau, Kecamatan Siantan Selatan. Posisinya berada persis di kaki pegunungan Arung Hijau yang lebat dipagari pepohon kelapa milik warga setempat. Di beberapa titiknya, terlihat pepohonan tropis yang tumbuh subur, rimbun lagi hijau.

Waktu terbaik mengunjungi pantai ini adalah sore hari. Itu juga yang dilakukan banyak warga Tarempa dan sekitarnya. Momen yang paling ditunggu-tunggu adalah melihat saat-saat matahari kembali ke peraduan. Kala itu, atmosfir Arung Hijau berubah menjadi dramatis. Langit menyemburatkan warna jingga keemasan. Kemudian perlahan meredup ketika matahari telah benar-benar jatuh dan menghilang dari pandangan.  Sembari menunggu sunset ini, sebenarnya banyak hal yang bisa Anda lakukan di pantai ini. Salah satunya, menyusuri sudut-sudut pantainya yang dipenuhi bebatuan berbagai rupa dan ukuran. Meloncat dari batu satu ke batu lainnya adalah aktifitas yang mengasyikkan. Tetapi tetap juga harus hati-hati dan sebaiknya menggunakan sandal atau sepatu sebab tidak sedikit yang berpermukaan licin atau tajam.

Kalau tidak ingin berjalan di antara bongkahan-bongkahan batu, menyusuri jalan semen berlebar sekitar satu meter yang ada di sepanjang tepi pantai, juga bakal menawarkan keasyikan tersendiri. Jalan semen ini berujung hingga ke arah dermaga Arung Hijau yang letaknya menjorok ke laut. Jadi, pungkasi aktifitas itu dengan duduk-duduk santai di sana sambil menunggu sunset. Kalau datangnya agak siangan, tak ada salahnya kalau berkunjung ke pantai ini, Anda jalan-jalan hingga ke area dalam perkampungan Arung Hijau. Melebur bersama dengan masyarakat setempat yang hangat dan ramah. Atau coba ikuti salah satu kegiatan rutin para pemuda dan pemudinya yang dilakukan setiap sore, yakni bermain bola voli. Pasti mengasyikkan dan suasana yang ditawarkan juga semarak. Maklum, lapangan bola voli ini benar-benar berada di tengah kampung dan setiap ada pertandingan selalu ramai ditonton orang.

Nah, kalau sudah banyak beraktifitas dan perut terasa lapar, tidak perlu risau. Di sepanjang tepi pantai ini berderet kedai-kedai sederhana yang menjajakan aneka makanan dan minuman. Lumayan banyak menu yang bisa Anda coba seperti bakso ikan dan daging, mie rebus atau mie goreng. Ada juga tempoyak durian, penganan khas terbuat dari durian yang diolah bersama kunyit, gula dan garam. Rasanya? Pasti enak terutama bagi mereka yang memang doyan durian. So, sambil menunggu makanan yang dipesan, silakan duduk-duduk santai di gazebo-gazebo yang berderet di di sepanjang pinggir pantai. Sambil menunggu waktu senja, sebenarnya masih ada satu aktifitas lagi yang bisa Anda lakukan, yakni memancing ikan tamban. Ikan ini bentuknya kecil tapi dagingnya gurih dan enak apalagi kalau memasaknya dengan cara dibakar. Penasaran? Buktikan saja sendiri kalau Anda berada di Arung Hijau.

Akses Menuju ke Pantai Arung Hijau

Perjalanan menuju pantai ini bisa ditempuh dengan jalur darat menggunakan kendaraan roda dua alias sepeda motor. Bisa sepeda motor bertipe trail ataupun sepeda motor biasa. Sepeda motor bisa Anda dapatkan di Kota Tarempa dengan cara menyewanya. Satu hari, biaya sewanya sekitar Rp75.000,-.

Dari Tarempa, jalur menuju ke pantai ini adalah melewati Jalan Raja Ali Haji yang berada di samping Mesjid Tarempa. Jalannya lumayan menanjak, menyusuri bukit di sekitaran Kampung Melayu. Untuk sampai di Arung Hijau, butuh waktu kurang lebih setengah jam.

Medan menuju ke sana naik turun, sudah beraspal. Beberapa ruasnya rusak tapi tidak parah dan masih enak dilalui sepeda motor. Sepanjang perjalanan akan banyak Anda temui berbagai jenis pepohon hutan yang di sela-selanya tumbuh subur tanaman cengkih, kelapa, pisang, pohon sagu hingga durian. Ada dua gunung yang bakal Anda lewati kalau menuju ke Pantai Arung Hijau, yakni Gunung Terap dan Gunung Arung Hijau. Karena itu sebelum menyusurinya, yang harus diperhatikan adalah kondisi sepeda motor. Jangan sampai luput memeriksa rem dan pastikan bensinnya penuh, agar perjalanan Anda nyaman dan aman.

Source http://anambas.or.id http://anambas.or.id/destinasi/pantai-arung-hijau-2/
Comments
Loading...