Keindahan Obyek Wisata Sejarah Gereja Pohsarang di Kediri

0 37

Gereja Pohsarang

Gereja Pohsarang merupakan sebuah obyek wisata religi yang tersohor di Kediri. Obyek wisata religi ini terletak di kaki Gunung Wilis, Desa Pohsarang, Kecamatan Semen, Kediri. Dari pusat Kediri, Gereja Pohsarang dapat dituju dari arah Terminal Tamanan, kemudian dilanjutkan ke arah barat menuju Kecamatan Semen. Gereja Pohsarang juga terintegrasi dengan Kawasan Wisata Besuki (Air Terjun Dholo dan Ironggolo), sehingga dapat juga dituju dari arah Kecamatan Mojo di sebelah selatan. Kedua rute tersebut memiliki akses jalan yang baik.

Obyek Wisata Religi ini merupakan sebuah komplek gereja Katolik Roma yang didirikan oleh Romo Jan Wolters CM dan arsitek Henri Maclaine Pont pada tahun 1936. Kedua tokoh pembangun gereja ini memiliki kecintaan terhadap arsitektur dan kebudayaan Jawa, sehingga tidak aneh jika arsitektur gereja Pohsarang sangat kental dengan unsur Jawa.

Bagian luar gereja didesain dengan bentuk yang unik dan tersusun dari batu. Desain luar bangunan juga dilengkapai dengan gapura bentar, sehingga menyerupai bangunan candi. Bagian dalam gereja disusun dari bata merah yang dilekatkan tanpa semen, sehingga menyerupai desain bangunan-bangunan di era Majapahit. Meski sangat kental dengan unsur Jawa, tetapi Gereja Pohsarang tetap menempilkan simbol-simbol keimanan Katolik. Selain bangunan gereja, di kawasan obyek wisata ini juga terdapat bangunan-bangunan lainnya seperti Pendopo, Jalan Salib, dan replika Gua Maria Lourdes. Obyek Wisata Religi ini terbuka untuk umum, sehingga pengunjung-pengunjung non-Katolik tetap diperbolehkan untuk berkunjung.

Source https://travellersblitar.com https://travellersblitar.com/edisi-spesial-wisata-religi-gereja-pohsarang/
Comments
Loading...