Keindahan Objek Wisata Gunung Muria di Jawa Tengah

0 30

Gunung Muria

Gunung Muria merupakan salah satu wisata gunung yang cukup tinggi, wisata Gunung Muria terletak di tiga Kabupaten yaitu Kudus, Pati dan Jepara, ketinggiannya mencapai 1.602 mdpl dan terletak di sebelah Utara Jawa Tengah. Dengan beberapa puncak yang dimilikinya. Gunung yang satu ini juga terkenal akan keindahannya yang keberadaannya dikelilingi deretan pegunungan hijau dan beberapa sungai yang mengalir secara jernih dan segar pastinya. Bahkan salah satu mata airnya yaitu Mata Air Sungai Kali Gelis terkenal akan kesegarannya, tak khayal bagi para pendaki sering menjadikannya sebagai bekal air minum untuk sampai ke puncak.

Keindahan Gunung Muria 

Keindahan dan kehidupan disini, terbukti dengan adanya beberapa binatang yang hidup di Gunung Muria. Mulai dari macan tutul, monyet ekor panjang, kijang, burung dan masih banyak lagi. Seperti halnya binatang, disini juga terdapat banyak jenis tanaman, seperti kaliandra, jati, pohon papaya, ingas, cengkeh, dadap, bendo, aren, manggis, pinus, randu, anggrek, tejo, wuni, lamtoroagung, eukaliptus, gintungan dan lain-lain.

Jalur Pendakian Gunung Muria 

Banyak jalur yang bisa ditempuh guna mencapai puncak, sebut saja Puncak Songolikur, untuk mencapainya ada 2 rute yang bisa dijadikan pilihan. Bisa melewati pos pendakian di Dukuh Semliro, Desa rahtawu, Gebog, Kudus atau bisa juga melewati pos di Desa Tempur, Keling, Jepara. Bagi para pendaki bisa mengambil angkutan dari Terminal Kudus menuju ke Desa Rahtawu. Setelah itu langsung saja menuju basecamp dan langsung bisa menuju puncak, medan cukup landai diawal. Nantinya pendaki akan melewati Pos Buton dilanjutkan ke Pos Eyang Pandu, lalu baru sampai puncak, di area ini trek cukup berat jadi harus tetap berhati-hati. Untuk melakukan pendakian Gunung Muria puncak 29 ini perlu waktu kurang lebih 3 jam pendakian.

Akses Menuju Gunung Muria 

Untuk menuju ke Puncak Natas Angin, jalur yang biasa digunakan adalah jalur dari Desa Rahtawu. Langsung saja, dari tugu selamat datang Desa Rahtawu lurus mengikuti petunjuk arah kurang lebih 15 menit menuju tempat parkir Abiyasa. Ditempat ini sekaligus sebagai pintu gerbang menuju puncak atau bisa dikatakan basecamp. Dari parkir hingga Puncak Abiyasa diperlukan waktu 2 jam dengan trekking yang cukup berat sehingga pasti akan menguras tenaga pendaki yang datang.

Source wisata semen indonesia grup
Comments
Loading...