Keindahan Nusa Ceningan, di Klungkung

0 17

Nusa Ceningan

Nusa Ceningan merupakan bagian pulau terluar Bali terletak diantara Nusa Lembongan dan Penida, secara administratif menjadi wilayah Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Datarannya hanya seluas 300 hektar, bisa dibilang sangat kecil untuk ukuran sebuah pulau. Namun demikian Pulau Nusa Ceningan adalah sebuah pulau eksotik yang menyuguhkan banyak keindahan yang belum terjamah oleh manusia.

Nusa Ceningan berada di Tenggara dataran utama Bali, akses menuju tempat tersebut bisa dengan kapal cepat/ fast boat dari Sanur, biasanya berangkat setiap pagi hari jam 09.00 langsung. Atau bisa mampir ke Pulau Nusa Lembongan terlebih dahulu kemudian menyeberang melalui jalur darat, lewat jembatan pegas yang menghubungkan ke dua pulau ini, jembatan tersebut hanya untuk transportasi sepeda motor saja tidak cukup untuk mobil.

Jembatan penghubung antara pulau Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan tersebut lebih terkenal dengan nama Jembatan Kuning, jembatan ini cukup populer dijadikan sebagai tujuan wisata, sejumlah wisatawan juga memanfaatkan jembatan tersebut sebagai tempat foto pre-wedding. Jembatan Kuning sempat roboh dan menelan korban jiwa karena tidak sanggup menampung bebas, namun sekarang jembatan ini sudah beroperasi lagi dengan kontur yang lebih kokoh.

Daya tarik Nusa Ceningan cukup membuat banyak orang penasaran, pantainya berpasir putih, lembut dan bersih, air lautnya biru jernih & tenang, terumbu karang serta biota lautnya beragam, sehingga menjadi primadona bagi wisatawan yang suka melihat keindahan bawah laut, sejumlah aktifitas bisa anda lakukan adalah berjemur, mandi di pantai, snorkeling, diving bahkan anda bisa melakukan surfing, tempatnya tenang serta mengispirasikan suasana damai, tidak banyak kendaraan lalu lalang, sebuah tempat favorit yang patut diagendakan untuk anda kunjungi. Keindahan pantai Ceningan ini memperkaya pilihan objek wisata di Bali bagi wisatawan.

Selain kecantikan pemandangan alam, di Nusa Ceningan juga terdapat beberapa tempat suci pura, yang sering dikunjungi oleh umat Hindu, seperti Pura Goa Raja/ Banglas, Pura Batumelawang, Pura Bakung, Dalem Bahu dan Tri Adi Sakti serta beberapa pura lainnya, pura tersebut memiliki getaran magis yang kuat, tempatnya sepi, hening dan penuh kedamaian, sehingga cocok untuk seseorang yang menekuni kegiatan spiritual dan mendekatkan rohani kepada Sang Pencipta, perjalanan wisata rohani anda akan lebih mengesankan.

Mata pencaharian penduduk Nusa Ceningan lebih banyak sebagai petani rumput laut, sama seperti di Pulau Nusa Penida , hasil budidaya tersebut kemudian dipasok ke berbagai daerah. Budidaya lainnya adalah sarang burung walet, di bagian Barat pulau terdapat burung walet yang bersarang, sehingga menjadi mata pencaharian penduduk setempat, ada juga yang bekerja sebagai nelayan dan di Industri Pariwisata. Potensi terpendam yang dimiliki oleh pulau ini selain budidaya rumput laut bisa dikembangkan wisata baharinya, keindahan alam bawah lautnya begitu menjadi primadona, akan membuat anda berdecak kagum.

Source http://www.balitoursclub.com http://www.balitoursclub.com/berita_252_Nusa_Ceningan.html
Comments
Loading...