Keindahan Kebun Raya Liwa, Kota Liwa

0 36

Kebun Raya Liwa

Propinsi Lampung telah menjadi tempat destinasi wisata yang cukup terkenal di Indonesia. Banyak jenis wisata yang dapat Anda kunjungi di Propinsi Lampung, baik wisata bahari, wisata sejarah maupun wisata alam. Khusus di Lampung Barat tepatnya di Desa Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit, Kota Liwa (Ibu Kota Kabupaten Lampung Barat) saat ini sedang dibangun sebuah Kebun Raya, Kebun Raya Liwa. Pemaparan dan Diskusi Master Plan Pembangunan Kebun Raya Liwa dilakukan pada tanggal 20 November 2008 lalu di Aula Pemda Kabupaten Lampung Barat, yang merupakan hasil kerjasama antara Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor dengan Departemen Pekerjaan Umum dan  Pemerintah Kabupaten Lampung Barat.

 

Terletak di punggung Pegunungan Bukit Barisan dengan hawa yang sejuk dan panorama yang indah seluas sekitar 112 hektare, Kebun Raya Liwa merupakan Kawasan konservasi yang bertemakan konservasi dan pengembangan Tanaman Hias, Representasi Flora Sumatra Bagian Selatan (TNBBS), baik yang berbunga maupun berdaun indah. Tema tanaman hias diharapkan mampu mendorong perekonomian rakyat melalui diversifikasi tanaman.

Kawasan Kebun Raya Liwa berada diketinggian antara 890–948 mdpl.  Kondisi topografinya bervariasi sehingga kawasan ini mempunyai kontur dengan ketinggian tanah yang berbeda-beda, hal ini menjadikannya berbukit-bukit dan bergelombang serta adanya sumber air dibeberapa tempat. Pada umumnya beberapa jenis vegetasi tumbuh dengan baik di kawasan tersebut seperti: Ficus sp., Pakis tiang/pohon, tanaman epifit, Pisang-pisangan,  rotan dan berbagai jenis Bambu (Bambusa sp.)

Namun demikian beberapa jenis vegetasi seperti Pepasang (Quercus sp.), Cemara exelsa (Araucaria exelsa), Pinus (Pinus merkusii) yang pada umumnya tumbuh didataran tinggi diatas 1000 meter diatas permukaan laut, dapat tumbuh baik di tapak kebun raya. Jumlah koleksi yang tertanam hingga Bulan Februari 2013 sebanyak 162 jenis, 894

Spesimen dengan jumlah koleksi di pembibitan sebanyak 329 jenis, 7.361 spesimen. Penataan tanaman hias ditata secara tematik dalam kawasan kebun raya. Sedangkan koleksi tanaman umum ditata menurut kelompok Suku / family, beberapa fasilitas yang sudah dibangun diantaranya, tersedianya Kantor/mess, jalan akses, pembibitan, tower penampungan air.

Source http://www.krbogor.lipi.go.id http://www.krbogor.lipi.go.id/id/isirow/isi_statis/75
Comments
Loading...