Keindahan Kawah Wawo Muda, di Ngada

0 123

Kawah Wawo Muda

Kawah Wawo Muda merupakan salah satu tempat wisata alam yang terletak di Dusun Ngoranale, Kelurahan Susu, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Sebelum meletus, Gunung Wawo Muda hanyalah gunung berapi biasa dengan ketinggian  1.753 meter dpl dan tidak memiliki kawah. Untuk mencapai kawah ini kami berkendara sekitar 15 menit dari kota Bajawa dan berjalan kaki kira-kira satu setengah jam dengan santai karena rute yang landai dan mudah.

Gunung Wawo Muda mulai menjadi perhatian sejak meletus pada 11 Januari 2001. Salah satu lereng Gunung Wawo Muda meletus   disertai dengan gempa yang melenyapkan sebagian lereng gunung, yang dulunya merupakan area perkebunan kopi. Akibat letusan tersebut terbentuklah lima kawah dengan berbagai ukuran di lereng Gunung Wawo Muda. Kawah-kawah ini berisi air yang awalnya berwarna merah marun namun kerap berubah-ubah. Menurut para ahli.

Perubahan warna air kawah tersebut akibat perubahan kandungan mineral dalam air kawah dan bebatuan di sekitarnya. Dari tempat ini bisa juga menikmati pemandangan spektakuler Gunung berapi Inerie dan Ebulobo. Saya sangat menikmati perjalanan ke Wawo Muda, apalagi dengan cuaca yang sangat bersahabat, langit biru bersih, matahari bersinar cerah dan orang-orang yang menyenangkan.

Sesampainya di puncak Wawo Muda, kami mencoba menemukan harta karun geocache. Geocaching adalah permainan terbuka untuk siapa saja yang mempunyai alat GPS dan jiwa pertualangan. Ada situs-situs geocaching teletak seluruh dunia.  Kantor pusat lembaga geocache ada di internet. Bagaimana permainan ini? Salah satu pemakai GPS menyembunyikan suatu “harta karun” berupa sebuah kotak yang diisi dengan barang-barang kecil (misalnya gantungan kunci) serta balpoin dan kertas lalu menerbitkan posisi letak persembunyian kotak tersebut melalui koordinat GPS yang tepat supaya pemakai GPS lainnya bisa datang dan mencarinya. Seperti permainan “mencari harta karun”.

Source http://baltyra.com http://baltyra.com/2012/04/29/main-geocaching-di-wawo-muda/
Comments
Loading...