Keindahan Jembatan Siti Nurbaya, Kota Padang

0 25

Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya Di Kota Padang Nan Melegenda – Salah satu ikon wisata di Kota Padang Sumatera Barat adalah Jembatan Siti Nurbaya. Jembatan ini  adalah jembatan besar yang berdiri di atas Sungai/Muara Batang Arau. Panjang badan jembatan 100 meter dengan panjang total mulai dari kaki jembatan di jalan Nipah sampai dengan jalan Batang Arau sepanjang 600 meter. Jembatan ini juga menghubungkan kota tua Padang dengan Taman Siti Nurbaya, tempat Siti Nurbaya dimakamkan.

Asal Usul Nama Jembatan Siti Nurbaya

Asal usul nama jembatan siti nurbaya karena jembatan ini menghubungkan kawasan Kota Tua Padang di Berok Nipah dengan kaki Gunung Padang di seberangnya. Gunung Padang sendiri menurut novel Siti Nurbaya, merupakan bukit di tepi pantai dimana Siti Nurbaya pertama kali bertemu dengan kekasihnya Samsul Bahri, disitu juga mereka dimakamkan. Terlepas dari kebenaran cerita Siti Nurbaya, memang terdapat sebuah makam di puncak gunung Padang yang diklaim sebagai makam Siti Nurbaya.

Wisata Jembatan Siti Nurbaya

Waktu yang paling cocok untuk mengunjungi lokasi wisata ini adalah pada waktu menjelang matahari terbenam, karena Anda dapat menyaksikan keindahan pemandangan matahari terbenam dari jembatan tersebut. Setelah itu area di sekitar jembatan akan dipenuhi oleh para penjual makanan yang menawarkankuliner khas Padang sumatera barat dengan harga yang cukup bersahabat, disini Anda dapat mencicipi sate Padang, pisang bakar, jagung bakar dan berbagai minuman khas sesuai selera.

Selain jembatan Siti Nurbaya, pesona kota Padang yang lainnya adalah bangunan-bangunan tua zaman Belanda di sekitar jembatan. Mulai dari jalan Pondok, Niaga, Kelenteng hingga jalan Batang Arau di dekat jembatan merupakan kawasan kota tua Padang. Kaum pendatang seperti Tionghoa, Nias, Mentawai dan Batak banyak bermukim disini. Sedangkan kaki gunung Padang merupakan kawasan makam Cina (bong).

Di sebelah kanan dari kaki jembatan Siti Nurbaya terdapat gedung Bank Indonesia Padang lama yang telah selesai dipugar setelah kejadian gempa Padang tahun 2009. Lurus ke arah pusat kota di sepanjang jalan Nipah merupakan sentar oleh-oleh khas Padang seperti keripik balado dan rendang. Salah satu yang cukup terkenal adalah keripik balado Christine Hakim. Jika orang Padang akan pergi keluar daerah nama keripik balado Christine Hakim akan menjadi referensi utama.

Source https://aet.co.id https://aet.co.id/pariwisata/jembatan-siti-nurbaya-di-kota-padang-nan-melegenda
Comments
Loading...