Keindahan Hutan Mangrove Pandansari Brebes Jawa Tengah

0 332

Hutan Mangrove Pandansari

Hutan Mangrove Pandansari merupakan salah satu wisata alam yang berada di Dukuh Pandansari, Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Jika dilihat dari PetaHutan Mangrove ini bisa dibilang baru dibuka untuk wisata mulai tahun 2016 dan mulai naik daun pada tahun 2017.

Rute Menuju Hutan Mangrove Pandansari

Rute untuk menuju wisata Hutan Mangrove Pandansari, Brebes ini mudah kok. Jika kalian dari kota Brebes arahkan kendaraan ke barat menuju keluar kota Brebes. Ikuti jalan pantura sampai melewati Rumah Sakit Bhakti Asih di Kanan Jalan akan ada pertigaan ke utara. Beloklah ke kanan (arah utara) memasuki jalan tersebut lalu ikuti saja jalan tersebut sampai bertemu pasar dan terlihat papan petunjuk jalan menuju hutan mangrove pandansari. Ikuti papan petunjuk tersebut melewati area pertambakan udang, bandeng dan garam lalu akan sampai di parkiran wisata hutan mangrove pandansari. Jika kalian dari arah Losari, Cirebon, kalian tinggal belo kiri di pertigaan kiri jalan sebelum Rumah Sakit Bhakti Asih.

Harga Tiket Hutan Mangrove Pandansari

Dari parkiran ke Mangrove Trail Brebes ini perlu naik perahu menyelusuri sungai menuju ujung dermaga mangrove trail. Untuk memasuki hutan mangrove brebes ini kita ditarik tiket masuk sebesar Rp.20.000 untuk dewasa, Rp. 10.000 untuk anak-anak, Rp.2.000 untuk motor, Rp.5.000 untuk mobil. Tiket tersebut sudah termasuk jasa PP naik perahu menuju Mangrove Trail. Perjalanan naik perahu menyelusuri sungai memakan waktu perjalanan sekitar 15 menit.  Di kanan kiri terlihat pohon bakau dari jenis Rhizopora yang mempunyai akar Jangkar. Sesekali terlihat sejenis burung pemakan ikan seperti kuntul, raja udang dan lain-lainnya sibuk melakukan aktifitas mencari makan.

Setelah 15 menit berlayar menyelusuri perairan hutan mangrove, sampailah kami di dermaga mangrove trail pandansari. Keluarga dan sodara-sodara langsung mengambil pose berfoto di gapura selamat datang dan lalu diikuti rombongan yang lain dibelakang kami. Setelah berfoto. Kami melanjutkan perjalanan kembali menyelusuri jembatan mangrove brebes ini.

Keindahan Hutan Mangrove Pandansari

Jalur Mangrove trailnya cukup panjang, jika dikira-kira ada lebih dari 1 km. Namun menyelusuri mangrove trail sepanjang itu tidaklah membosankan karena pengelola menyediakan beberapa spot menarik di hutan bakau brebes seperti menyelusuri lorong-lorong hutan bakau, dua buah gardu pandang untuk melihat panorama alam hutan mangrove dari ketinggian, beberapa spot foto menarik seperti Jembatan Berwarna Pink dan tugu patung ikan “mudskipper”, ikan yang banyak ditemui hidup di lumpur-lumpur hutan bakau. Selain itu, di spot tertentu terdapat pedagang makanan-minuman yang siap memadamkan rasa kelaparan dan kehausan setelah capek menyelusuri hutan mangrove Brebes.

Akses Menuju Hutan Mangrove Pandansari

Hutan Mangrove Bakau ini layak kalian datangi selain aksesnya mudah dijangkau baik dari kota Brebes maupun dari luar kota Brebes juga mendapatkan ilmu-ilmu bermanfaat seputar hutan mangrove dan bisa mengurangi atau menghilangkan kepenatan rutinitas sehari-hari. Mengunjungi Hutan Bakau Brebes ini enaknya di waktu pagi hari sebelum jam 9 pagi atau sore mulai jam 3 pagi. Dengan mengunjungi pada waktu itu cuaca tidak terlalu panas dan terik sekaligus saat kalian menyelusuri lorong hutan mangrove akan terdengar kicauan merdu burung-burung yang mendiami hutan ini. Jika jeli, kalian bisa melihat aktivitas burung-burung tersebut mencari makan di sekitar hutan bakau brebes ini.

Source Jalan Wisata Metro Tv
Comments
Loading...