Keindahan Gunung Welirang Di Jawa Timur

0 185

Gunung Welirang

Gunung Welirang adalah salah satu gunung yang sering dijadikan pilihan para pendaki gunung khususnya di Jawa Timur. Merupakan gunung berapi aktif yang kawahnya selalu menghembuskan asap belerang. Gunung Welirang berada di satu kawasan dengan gunung kembar 1, gunung kembar 2 dan Gunung Arjuno. Terletak di antara Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Mojokerto. Meskipun dengan tinggi 3.156 Mdpl, Gunung Welirang tidaklah mudah ditaklukan karena treknya yang curam dan berbatu. Ini yang menjadi tantangan tersendiri bagi para pendaki gunung.

Pendakian Gunung Welirang yang terkenal adalah melalui jalur Tretes, jika berangkat dari kota Surabaya kita bisa menggunakan bis dari Terminal Bungurasih turun di Terminal Pandaan seharga Rp 8.000,-/orang, kemudian dari terminal Pandaan perjalanan dilanjutkan menggunakan elf (angkutan pedesaan) seharga Rp 5.000,-/orang, turun tepat di depan pos perijinan pendakian Gunung Arjuno-Welirang atau di depan Hotel Tanjung. Jika menggunakan kendaraan pribadi (motor/mobil), dari Kota Surabaya, kita menuju ke selatan ke arah kota Pandaan, setelah dari kota Pandaan kita menuju Tretes mengarah ke air terjun kakek Bodo, kemudian mengikuti jalur hingga sampai di pos perijinan pendakian yang berada di kanan jalan.

Pos Perijinan – Pet Bocor – Kop-Kopan

Setelah sampai di pos perijinan kita diwajibkan untuk membayar retribusi sebesar  Rp. 6000,-/orang. Kita juga bisa menitipkan motor disini.  Dari pos perijinan  menuju Pet bocor, dalam perjalanan kita disambut dengan rimbunnya hutan kawasan tretes, udara yang bersih dan segar menemani perjalanan pendakian. Dari pos perijinan kita tinggal mengikuti jalur yang sudah disemen hingga  ± 30 menit kita akan sampai di pos pet bocor.

Setelah dari pet bocor nanti akan bertemu gapura dan jalur berubah menjadi bebatuan yang rusak, jalur cukup lebar karena biasa dilewati jeep penambang belerang. Di sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan tretes, padang savanna dan Gunung Penanggungan yang sangat indah. Jalur pendakian menuju kop-kopan cukup menanjak, berkelok-kelok dan berbatu yang tentunya akan sangat menguras tenaga.

Perjalanan dari pet bocor menuju kop-kopan membutuhkan waktu 3 jam perjalan. Karena saat itu hujan deras, kami memutuskan untuk ngecamp di kop-kopan. Di pos kop-kopan terdapat mata air yang tidak pernah kering meskipun musim kemarau. Kemudian Pukul 01.00 WIB, dini hari, kami bangun dan melanjutkan untuk pendakian menuju puncak gunung welirang.

Perjalanan dari kop-kopan ke pondokan jalur menjadi lebih curam. Dengan pijakan berbatu yang kadang masih goyang jika dipijak, benar-benar membuat kaki “linu-linu”.  Jalur menuju pondokan inilah yang terkenal paling menyiksa, ada tanjakan yang disebut tanjakan “asu” karena ini adalah tanjakan berbatu lurus dan terpanjang selama pendakian gunung welirang. Perjalanan mendaki dari kop-kopan menuju pondokan membutuhkan waktu sekitar 3,5 jam perjalanan.

Pos Pondokan – Puncak Gunung Welirang

Pos Pondokan adalah tempat singgah penambang belerang Gunung Welirang, terdapat bangunan-bangunan semi permanen yang biasa digunakan para penambang untuk beristirahat. Di Pos pondokan juga terdapat aliran sungai yang airnya bisa kita pakai untuk minum dan memasak. Beberapa saat setelah keluar dari Pos Pondokan sebelum mencapai puncak Gunung Welirang, kita akan melewati punggungan gunung yang disampingnya terdapat jurang, jalan cukup landai, dengan pemandangan Gunung Kawi yang sangat indah.

Setelah masuk di perbatasan vegetasi, kita akan dapat melihat dengan jelas kawah Gunung Welirang yang berwarna kuning. Bau belerang pun akan terasa sangat kuat ketika kita memasuki batas vegetasi. Puncak Gunung Welirang ini berupa bebatuan, dan ketika berada di puncak kita bisa melihat pemandangan yang sangat indah. Pemandangan kota pasuruan yang terselip lautan awan, pemandangan Gunung Penanggungan, Gunung Kawi, Puncak Ogal-Agil Gunung Arjuno dan juga puncak Gunung Semeru akan menjadi penyejuk mata ketika berada di Puncak.

Source http://cibunus.blogspot.co.id http://cibunus.blogspot.co.id/2016/02/info-pendakian-gunung-welirang-jawa.html
Comments
Loading...