Keindahan Gunung Tiong Kandang

0 55

Gunung Tiong Kandang

Jika kita mendaki ke puncak Gunung Tiong Kandang melalui Dusun Mangkit kita akan beristirahat di tengah-tengah gunung Tiong Kandang (pedagi) untuk memulai pendakian ke puncak gunung kita akan melewati sebuah batu dengan ketinggian sekitar 160 cm. Batuan ini berbentuk pintu masuk. Batu pintu masuk ini berbentuk lorong yang akan  digunakan masyarakat untuk menuju puncak gunung. Sedangkan bagian kiri kanan batu terdapat jurang yang sangat dalam.

Batu yang menggantung merupakan Keunikan lain dari Kawasan Wisata Gunung Tiong Kandang yaitu Batu Kulintang dan Batu Pengasih. Disebut Batu Kulintang karena keberadaan batu ini dari dahulu sampai sekarang bersusun dan berderet seperti susunan kulintang. Sedangkan Batu Pengasih merupakan batu yang terletak di puncak gunung Tiong Kandang. Dari batu pengasih ini pula kita bisa melihat keindahan alam yang ada disekitar gunung tiong kandang.
Gunung Tiong Kandang juga merupakan penghasil buah durian terbesar dari Kecamatan Balai Batang Tarang. Buah durian dari gunung ini dijual kepada pembeli yang sudah menunggu dan buah durian ini juga dapat diolah menjadi lempok durian oleh sebagian masyarakat di Batang Tarang. Lempoknya terkenal menjadi lempok durian Batang Tarang.
Source http://pencintaalamkalbar.blogspot.com http://pencintaalamkalbar.blogspot.com/2016/01/keindahan-gunung-tiong-kandang-di-kec.html
Comments
Loading...