Keindahan Gunung Tangkuban Perahu Bandung Jawa Barat

0 265

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu Bandung adalah salah satu objek wisata yang terletak sekitar 20 km ke arah utara Bandung. Tangkuban Perahu ini sangat terkenal baik di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara karena cerita rakyatnya yaitu kisah asmara Sangkuriang dan Dewi Sumbi. Wisata Tangkuban Perahu ini terletak di ketinggian 2.084 mdpl atau sekitar 6.873 kaki sehingga tempat ini memiliki hawa yang dingin dan sejuk karena banyak terdapat pohon pinus, kebun teh, maupun kebun sayuran. Gunung Tangkuban Perahu ini berbentuk stratovulcano yang puncaknya ini berbentuk memanjang dan mirip sebuah perahu yang terbalik.

Gunung ini terakhir meletus pada tahun 2013 namun gunung ini masih relatif aman untuk dikunjungi. Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu rata-rata hariannya adalah 17C pada siang hari dan 2C pada malam hari. Gunung ini juga masih dikategorikan sebagai gunung api yang aktif dan masih dipantau oleh badan direktorat vulkanologi Indonesia. Gunung ini memiliki 3 kawah yaitu kawah Ratu, kawah Domas dan kawah Upas. Karena keindahannya, tidak jarang tempat ini dijadikan untuk foto prewedding, syuting film, maupun video klip. Anda juga dapat menunggang kuda untuk mengitari sebagian kawah ini.

Asal-usul Gunung Tangkuban Parahu

Asal-usul dari Gunung Tangkuban Parahu selalu terkait dengan sebuah legenda Sangkuriang, yang pada kisahnya telah jatuh cinta kepada ibunya sendiri yang bernama Dayang Sumbi. Kemudian demi untuk menggagalkan rencana dan niat anaknya sendiri untuk menikahinya, Dayang Sumbi memberikan syarat agar Sangkuriang dapat membuat sebuah perahu dalam kurun waktu semalam. Pada waktu usahanya sudah gagal, Sangkuriang kemudian marah dan kemudian menendang perahu setengah jadi yang dibuatnya tersebut yang kemdudian mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu yang telah di tendang Sangkuriang inilah yang kemudian membentuk sebuah Gunung Tangkuban Parahu.

Rute Menuju Gunung Tangkuban Perahu

Wisata tangkuban perahu ini terletak di Sukajaya, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk menuju ke Lokasi rute yang akan di tempuh Jika menggunakan kendaraan pribadi, maka dari pintu tol Pasteur, kita lurus  menuju ke Jalan Dr. Djunjunan – lalu mengarah ke Pasir kaliki – Sukajadi – Setiabudi – Lembang –Gunung Tangkuban Perahu. Atau jika Anda berangkat dari pintu tol Padalarang – kita menuju arah Cimahi – belok kiri ke arah Jalan Kolonel Masturi – pertigaan Jalan Raya Lembang, belok kiri – Gunung Tangkuban Perahu. Jika menggunakan kendaran umum, dari Terminal Leuwi Panjang (Bandung) – naik bus jurusan Bandung – Indramayu – turun di pertigaan gerbang Gunung Tangkuban Perahu. Atau jika dari Stasiun Hall (Bandung) – angkot jurusan Stasiun Hall – Lembang – berhenti di perempatan (Lembang – Maribaya – Tangkuban Perahu) – angkot jurusan Lembang – Cikole – Gunung Tangkuban Perahu.

Source Jalan Wisata Tempat wisata seru
Comments
Loading...