Keindahan Gunung Prau Wonosobo Jawa Tengah

0 163

Gunung Prau

Gunung Prau memiliki ketinggian sekitar 2.565 Mdpl yang merupakan puncak tertinggi di kawasan Pegunungan Dieng. Gunung Prau yang artinya Perahu, di kenal pula dengan nama Gunung seribu bukit karena pesona indah pemandangan alamnya yang berbukit yang biasa pula disebut pendaki dengan nama bukit Teletubbies.

Lokasi Gunung Prau

Gunung Prau yang termasuk dalam dataran tinggi dieng memiliki bentuk memanjang, sehingga secara administratif termasuk dalam empat wilayah Kabupaten, yaitu Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Kendal, Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah.

Aksesbilitas Gunung Prau

Untuk menuju titik start pendakian jalur Selatan dari Wonosobo, anda dapat naik angkutan minibus jurusan Wonosobo – Dieng. Ongkosnya sekitar Rp 5.000*) dengan waktu tempuh perjalanan sekitar satu jam. Desa Patak Banteng adalah desa pertama yang akan di lewati sebelum desa Dieng Kulon. Jika anda akan mendaki melalui jalur Patak Banteng, anda dapat memberitahu sopir untuk berhenti di desa tersebut.

Pendakian Gunung Prau

Awal pendakian dari basecamp, anda akan melewati jalan perkampungan. Melintasi anak tangga sampai akhirnya mulai melintasi ladang kentang milik penduduk setempat. Jalan yang dilalui cukup membingungkan karena banyak percabangan jalan. Jika anda tidak hapal jalannya, sebaiknya tanya pada masyarakat setempat. Selepas dari ladang kentang, anda akan tiba pada jalur pendakian utama. Dari sini medan yang dilalui selanjutnya relatif menanjak dengan kontur tanah yang gembur sehingga cukup menyusahkan pijakan kaki. Terus berjalan sampai sekitar satu jam pendakian maka anda akan tiba di Pos II. Pos ini tidak terdapat bangunan apapun, hanya ditandai dengan sebuah plang di atas pohon.

Dari Pos II selanjutnya pendakian akan melintasi hutan pinus yang rimbun sampai menuju Pos III. Kondisi Pos masih sama, yaitu hanya berupa plang yang berada di atas pohon. Dari Pos III selanjutnya pendakian akan melintasi medan yang cukup terjal sampai akhirnya tiba di lokasi hamparan bunga-bunga kecil yang indah di sepanjang jalan yang diberi nama bunga daisy. Terus melintasi jalan setapak yang mulai landai maka tibalah anda di camp area yang merupakan puncak Gunung Prau.

Pos III Di lokasi camp area inilah tempat pendaki biasa bermalam. Lokasinya cukup luas dan terbuka dengan kontur berbukit-bukit kecil. Perbukitan kecil ini yang biasa dikenal dengan nama bukit teletubbies atau taman seribu bukit. Suasananya sangatlah indah, hamparan rumput yang menghijau dengan hiasan bunga-bunga kecil yang tumbuh liar, menjadikan tempat ini lokasi favorit untuk berfoto. Biasanya disini pendaki akan menunggu momen sunrise prau dan juga sunrise sikunir yang dikenal sangat indah. Jika cuaca cerah, dari camp area ini anda dapat pula menyaksikan panorama Gunung-Gunung di sekitarnya, seperti Gunung Slamet, Sindoro, Sumbing, Merapi, Merbabu, Ungaran, Kelud dan beberapa Gunung lainnya yang bisa anda nikmati sendiri.

Source wisata wonosobo
Comments
Loading...