Keindahan Gunung Iya, di Kota Ende NTT

0 85

Gunung Iya

Gunung Iya adalah satu-satunya gunung berapi yang masih aktif di Ende. Pada tahun 2016 lalu, gunung ini meletus namun tidak begitu dahsyat. Gunung ini berada di sebelah Gunung Meja. Konon ada cerita tentang Gunung Iya dan Gunung Meja ini. Kedua gunung itu dikisahkan memiliki hubungan cinta. Gunung Iya adalah pria dan Gunung Meja adalah wanita.

Gunung Iya selalu diibaratkan sebagai pria yang sedang merokok karena puncak gunung ini senantiasa berawan sehingga terlihat seperti pria yang sedang merokok. Awan diibaratkan asap rokok yang mengepul. Walau tingginya hanya 637 mdpl, gunung ini tidak mudah untuk didaki. Kenapa ya? Karena gunung ini terjal dan treknya hampir semua terbuka tanpa pepohonan sehingga para pendaki langsung terkena panas matahari tanpa pelindung.

Namun jika Anda termasuk orang yang pantang menyerah maka gunung ini wajib didaki karena ganjaran pemandangan di atas gunung ini akan setimpal. Hal yang harus diingat, jarang ada orang yang bisa mendaki gunung ini kecuali warga setempat, jadi jika Anda berniat untuk mendaki gunung ini dipandu oleh warga setempat. Hanya warga setempat yang tahu benar tentang trek atau jalur mana yang bisa dilewati untuk mencapai puncak gunung ini.

Source https://www.rekreasialam.co.id https://www.rekreasialam.co.id/keindahan-yang-tak-pernah-lepas-dari-ende/
Comments
Loading...