Keindahan Gunung Gle Bae, di Aceh Besar

0 10

Gunung Gle Bae

Gunung Gle Bae merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terdapat sebuah gunung yang berada di hutan hujan tropis tepatnya di Kota Jantho, Aceh Besar. Gunung Glee Ba’e ini Memiliki Tinggi 1.538, 6 Mdpl yang berdampingan dengan gunung Mendom, Meutala, dan Meucica. Gle bae sendiri memiliki ketinggian yang terendah dari tiga gunung tersebut yaitu 1588 Mdpl dan bersudut triangulasi T. 3302.

 

Di gle bae bisa ditemui sejumlah flora dan fauna. Fauna meliputi kambing hutan, ayam hutan, dan insekta. Flora meliputi lumut, rotan, dan cendana. Jarak yang ditempuh melalui jalur konvensional sekitar 8-10 jam dikarenakan medan yang cenderung sulit, hutan yang sangat lebat, dan diselimuti kabut yang tebal dikawasan sekitar punggungan Gle bae.

Untuk menaiki Gle bae, punggungan yang dilintasi adalah punggungan merak yang terlebih dahulu menaiki punggungan-punggungan kecil lainnya. Ketika sampai di punggungan merak, maka jalurnya cenderung landai disebabkan ketinggian punggungan tersebut tidak jauh dengan puncak Gle bae.

Hanya butuh 200 meter lagi untuk sampai dipuncak. Ketika sampai dipuncak, maka akan dijumpai sebuah pilar yang tingginya 40 Cm. Tidak seperti puncak gunung lainnya, puncak Gle bae sangat luas dan pepohonan disekitar diselimuti oleh lumut.

Source https://hiroesatoh.wordpress.com https://hiroesatoh.wordpress.com/2013/03/
Comments
Loading...