Keindahan Gunung Burni Telong, Aceh

0 16

Gunung Burni Telong

Gunung Burni Telong merupakan salah satu destinasi alam yang berada di Kabupaten Bener Meriah dan merupakan bagian Provinsi Aceh. Singkatnya, Burni Telong adalah gunung berapi aktif dan menjadi tempat yang menarik untuk penjelajahan dan hiking. Orang juga datang ke lokasi untuk menikmati fotografi. Meski statusnya aktif, gunung berapi tersebut tidak menghentikan wisatawan untuk datang dan menjelajahi lokasi.

Pesona utama Gunung Burni Telong pastinya merupakan pemandangan yang menakjubkan. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.624 meter di atas permukaan laut dan ada dua cara untuk sampai ke kawah. Rute pertama dimulai dari Desa Sentral di lereng tenggara. Rute lain terletak di lereng barat daya, yang bisa diakses dari Bandar Lampahan. Sebagian besar pengunjung menggunakan rute kedua saat harus melakukan trekking. Dibutuhkan sekitar 3-4 jam untuk mencapai kawah. Sepanjang jalan ke puncak, Anda bisa melewati hutan dan perkebunan kopi milik masyarakat setempat.

Menjelajahi Gunung Burni Telong

Banyak jenis kegiatan yang bisa dilakukan di Burni Telong, terutama trekking dan menikmati wisata alam. Bagi yang suka menjelajahi tanaman unik, mereka bisa menikmati saat yang tepat disana. Alasannya tak lain adalah kehadiran anggrek liar, yang bisa ditemukan sebelum  Edelweiss. Sebelum sampai di kawah, jangan lupa mengunjungi gua kecil . Karena adanya daya tarik alam tersebut, semua pengujung jangan lupa untuk membawa kamera saat menjelajah atau hiking.

Trekking merupakan kegiatan utama bagi para traveller untuk dinikmati di Gunung Api Burni Telong. Faktanya adalah bahwa gunung tersebut termasuk dalam 10 gunung tertinggi di Provinsi Aceh! Tak heran, banyak orang yang tertarik untuk mendapatkan pengalaman baru di tempat tersebut dengan menjelajahi gunung. Baik pemula maupun ahli diizinkan masuk ke gunung ini. Selama mereka datang dengan peralatan yang tepat dan persediaan yang cukup, semuanya baik-baik saja. Untuk trekking yang lebih aman dan lebih efisien, disarankan untuk datang dengan pemandu wisata.

Dari segi nama yang ada pada Gunung Burni Telong, berarti “Gunung Terbakar”. Masalahnya gunung berapi belum meletus selama ini, dan pemerintah memberikan banyak perhatian pada aktivitasnya mengingat potensi kerusakan yang mungkin terjadi di masa depan. Sedangkan bagi wisatawan, gunung menjadi tempat yang menantang untuk dijelajahi. Meski menyediakan pemandangan yang menarik untuk trekking, setiap orang harus memperhatikan rute dan harus datang dengan stamina yang baik. Selain itu, dibutuhkan konsentrasi yang bagus untuk melakukan trekking disana.

Rute Menuju Gunung Burni Telong

Untuk yang datang dari Kota Banda Aceh, perjalanan ke Kabupaten Bener Meriah memakan waktu sekitar 7-8 jam dan jaraknya 318 km. Sedangkan untuk rute, yang terbaik untuk ditempuh adalah Jalan Banda Aceh dan Jalan Raya Bireuen – Takengon.

Source https://www.pedomanwisata.com https://www.pedomanwisata.com/wisata-alam/wisata-gunung-pegunungan/gunung-burni-telong-bener-meriah-hiking-di-salah-satu-gunung-api-aktif-tertinggi-di-aceh
Comments
Loading...