Keindahan Gunung Batok di Jawa Timur

0 157

Gunung Batok

Gunung Batok merupakan salah satu destinasi wisata gunung yang berada Jawa Timur, Indonesia dengan ketinggian 2.440 meter atau sekitar 8.005 kaki. Meski gunung ini tak setenar Gunung Bromo ataupun Gunung Semeru, namun penampakan gunung inilah yang paling sering muncul dalam gambar Gunung Bromo. Bahkan sebagian orang mengira bahwa gunung inilah yang merupakan Gunung Bromo.

Keindahan Gunung Batok di Jawa Timur

Gunung Batok memang memiliki penampakan yang “memang menggambarkan” bentuk suatu gunung dengan puncaknya yang mengerucut dan berwarna hijau karena ditumbuhi beberapa tumbuhan kecil. Sementara Gunung Bromo memiliki penampakan berupa cekungan besar dengan kawah yang masih aktif. Selain itu tak tampak tumbuhan di sekitar Gunung Bromo, yang ada hanya lautan debu dan pasir. Jika Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih rajin mengeluarkan kepulan asap vulkanik dan.

Keindahan Gunung Batok di Jawa Timur

sewaktu-waktu bisa memuntahkan laharnya, maka Gunung Batok merupakan gunung berapi yang kini sudah tidak aktif lagi. Namun sesekali nampak gunung ini mengeluarkan kepulan asapnya. Nama Gunung Batok sendiri berkaitan dengan legenda dan bentuk dari gunung ini sendiri. Dalam Bahasa Jawa, kata batok berarti tempurung kelapa dan memang menggambarkan bentuk Gunung Batok yang seperti tempurung kelapa. Gunung ini pun juga masih memiliki keterkaitan cerita dengan kisah Rara Anteng dan Joko Seger selaku keturunan awal Suku Tengger.

Keindahan Gunung Batok di Jawa Timur
Keindahan Gunung Batok di Jawa Timur

Gunung Batok juga menawarkan keindahan matahari terbenam yang tak kalah cantik dengan bromo. Dari atas puncaknya yang berpasir cukup luas, anda bisa mennyaksikan puncak Gunung Semeru yang berada di kejauhan. Kabut-kabut nampak mengelilingi sekitar gunung ditambah bau belerang yang kuat dari kawah Bromo. Nampak beberapa  tumbuhan cantigi tumbuh di beberapa tempat. Selain itu adapula pelinggih atau pura kecil di bagian  barat gunung dan menghadap ke utara. Jika anda telah puas menjelajahi keindahan Gunung Bromo, jangan ketinggalan untuk berpetualang ke tetangganya, Gunung Batok.

Source http://www.wisatajatim.info http://www.wisatajatim.info/gunung-batok-si-tetangga-bromo-yang-tak-kalah-mengagumkan/
Comments
Loading...