Keindahan Gua Batu Cermin Labuan Bajo, Flores

0 169

Gua Batu Cermin

Gua Batu Cermin merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Desa Waesambi Manggari Barat Labuan Bajo, Flores. Keindahan alam Flores yang indah yang bukan hanya disajikan dengan pemandangan pantai dan alam pegunungan, namun di wilayah perbukitan yang memiliki ciri khas hutan, air terjun dan hutan serta gua pun tersaji dii beberapa tempat wisata Labuan Bajo, seperti salah satunya adalah tempat wisata alam Gua Batu Cermin yang terletak +/- 4 km dari pusat kota Labuan Bajo.

Menyusuri tempat wisata alam Flores ini, kita akan melalui jalan setapak yang telah di korn block yang jaraknya +/- 300 meter atau sekitar 10-15 menit hingga sampai mulut Gua Batu Cermin. Sepanjang jalan yang dikelilingi dan dihiasi dengan rindangnya tanaman pohon bambu, membuat hawa panas berubah menjadi sejuk nan segar.

Gua Batu Cermin yang di kelilingi oleh hutan serta dihuni oleh fauna seperti kera ekor panjang, burung-burung khas kawasan indonesia Timur, serta babi hutan yang terkadang masih berkeliaran dan terlihat oleh kita. Udara segar dengan teriknya matahari yang masuk melalui sela-sela batuan di atas gua yang memantul di batu yang menimbulkan cahaya tersendiri yang menjadikan dinding gua menjadi mengkilap, hal ini akan menjadi sebuah pemandangan yang indah saat kita berada di dalam gua.

Untuk menyusuri Gua Batu Cermin di tempat wisata Labuan Bajo ini kita harus masuk ke dalam yang jaraknya +/- 20 meter dengan rute jalan yang sempit dan panjangnya gua mencapai +/- 200 meter. Dan untuk masuk ke dalam kita harus menunggu giliran bila pengunjung banyak, karena pengunjung yang bisa masuk ke dalam gua dibatasi hanya sebanyak 10 orang dengan waktu kunjungan +/- 30 menit. Kondisi udara di dalam Gua Batu Cermin cukup sejuk dan lembab, semakin dalam kita masuk, maka semakin sedikit pula cahaya matahari yang msuk hingga kedalam. Untuk mempermudah perjalanan wisata kita di dalam gua sebaiknya kita membawa lamou senter kecil

Pemandangan fosil beberapa spesies laut yang berhasil ditemukan dan diteliti oleh Theodore Verhove dapat kita temukan di dinding gua, Konon, keberadaan fosil coral (karang), penyu serta kura-kura dan ikan yang disetai dengan adanya partikel garam yang ada di dinding gua inilah yang menjadikan dugaan kuat beliau lebih kuat menyatakan bahwa dulunya Pulau Flores ada di dasar laut. Penampakan fosil-fosil tersebut hingga sekarang masih ada dan bisa kita saksikan di lokasi.

Pemandangan lain dari penampakan yang ada di lokasi Gua Batu Cermin yang merupakan bentukan batu adalah batu yang berwarna putih yang berada tepat dekat dengan jatuhnya sinar matahari yang biasa disebut dengan Batu Bunda Maria oleh umat Kristiani setempat, dan bila diperhatikan dengan sesakma memang batu tersebut mirip dengan patung Bunda Maria yang biasa kita lihat.

Tempat wisata Gua Batu Cermin Flores ini bisa menjadi dalah satu alternatif tujuan destinasi wisata Labuan bajo saat kita berlibur di Flores, selain memiliki keindahan alamnya yang menawan obyek wisata alam Flores ini pun masih banyak mengundang pertanyaan yang bisa dijadikan sara wisata edukasi yang menarik untuk dikunjungi saat liburan di Liburan Bajo.

Source https://direktori-wisata.com https://direktori-wisata.com/wisata-gua-batu-cermin-labuan-bajo-flores/
Comments
Loading...