Keindahan Goa Liang Bangkai di Kabupaten Tanah Bumbu

0 74

Gunung Liang Bangkai

Gunung Liang Bangkai adalah salah satu Gunung yang terletak di Kecamatan Mantewe Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan lebih tepatnya di desa Dukuhrejo. Gunung Liang Bangkai memiliki goa yang sangat banyak, nama goa yang terdapat di gunung ini yaitu Goa Tujuh Pintu, Goa Kelelawar, Goa Batumuda, Goa Candi, Goa Putri, dan banyak lagi nama goa yang terdapat di gunung ini. dan gunung ini pun dapat di daki hingga ujungnya, salah satu tujuan yang sangat bagus di jadikan wisata alam jika kamu sedang berada di kalimantan selatan.

Goa ini memiliki beberapa keunikan yaitu berbau bangkai dan banyak terdapat kelelawar, Goa Liang Bangkai ini juga mempunyai nilai historis berupa cerita rakyat yang berupa misteri terutama tentang keberadaan manusia purba di tempat ini. Menurut peta lokasi dan penjelasan dari pemandu wisata di sekitar Goa Liang bangkai ini ada sekitar 11 lubang goa yang bisa dikunjungi, disamping ada beberapa terasan dan lorong yang juga bisa ditelusuri.

Untuk menjelajah seluruh lubang goa tidak cukup jika hanya satu hari saja, dari penjelasan pemandu wisata untuk menelusuri seluruh lubang goa dan menuju puncak bukit bisa memakan waktu 2 hari bahkan lebih. Jadi kamipun hanya menelusuri goa utama saja itu pun sangat luar biasa di dalamnya dan lumayan dalam.

Untuk menuju Goa Liang bangkai dari kota Batulicin menuju bukit liang bangkai berjarak sekitar 45 Km bisa ditempuh dengan perjalanan darat menggunakan mobil atau kendaraan roda 2. Lokasi tepatnya berada di Kecamatan mantewe, jalan menuju lokasi sudah cukup nyaman karena sudah dalam kondisi aspal namun ada sebagian yang masih berupa jalan tanah berbatu ketika hampir sampai di bukit.

Goa Tanah Tumbu yang berada di Kecamatan Mentewe, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, pernah dihuni oleh manusia prasejarah sekitar 3.000 tahun Sebelum Masehi (SM). Goa ini dipakai manusia purba sebagai tempat berlindung dari ganasnya alam.

Source http://idblogpacker.blogspot.com http://idblogpacker.blogspot.com/2016/04/menelusuri-misteri-dan-keindahan-goa-liang-bangkai.html
Comments
Loading...